Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Koo Kien Kiet/Tan Boon Heong Berpeluang ke Olimpiade Rio

By Selasa, 29 Desember 2015 | 11:06 WIB
Pasangan ganda putra Malaysia, Koo Kien Kiet (kiri)/Tan Boon Heong (kanan) ketika berlaga di All England 2013 di Nia Arena, Birmingham (6/3/2013). (SCOTT HEAVEY/GETTY IMAGES)

Pasangan ganda putra Malaysia, Koo Kien Kiet/Tan Boon Heong, masih berpeluang lolos ke Olimpiade Rio 2016. Hal tersebut dikatakan legenda bulu tangkis Malaysia, Razif Sidek setelah melihat prestasi ganda putra Malaysia saat ini tidak terlalu cemerlang.

"Koo/Tan masih berpeluang untuk lolos kualifikasi Olimpiade jika melihat akumulasi poin yang mereka peroleh. Mungkin ini akan menjadi penampilan terakhir mereka pada ajang Olimpiade," kata Sidek.

Perjuangan Koo/Tan Heong cukup berat untuk lolos ke Olimpiade 2016. Mereka baru kembali berpasangan pada awal 2015 setelah Tan keluar dari tim nasional Malaysia tahun ini.

Koo sudah keluar lebih dulu dan pada 2014 pernah berkarier sebagai pelatih dan pemain di klub profesional Thailand, Granular.

"Koo/Tan sudah mengikuti banyak turnamen tahun ini dan mereka masih bisa mendapat tambahan poin hingga tahun depan," ucap mantan pelatih tunggal putra  Malaysia itu.

Pasangan Koo/Tan saat ini berada pada peringkat ke-18 dunia, sementara ganda putra timnas Malaysia saat ini V Shem Goh/Wee Kiong Tan masuk peringkat ke-15 dunia.

"V Shem/Wee Kiong juga perlu diperhitungkan setelah mereka menang di Amerika Serikat Terbuka Grand Prix. Tetapi, Koo/Tan masih diperhitungkan lawan. Nama mereka masih diingat dan permainan mereka masih bagus hanya kondisi fisik sudah berbeda," terang Sidek.

Koo/Tan pernah bermain bersama selama tujuh setengah tahun, dengan beberapa catatan prestasi membanggakan, termasuk meraih medali emas Asian Games 2006 dan juara Malaysia Terbuka 2007.

Mereka juga pernah menjadi runner-up Kejuaraan Dunia 2010, setelah dikalahkan Cai Yun/Fu Haifeng (Tiongkok) di final.

Posisi Koo/Tan mulai terancam setelah gagal meraih medali pada Olimpiade 2012 di London. Banyak pihak menyebut mereka sudah stagnan dan tidak ada lagi yang bisa ditawarkan sebagai pasangan.