Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Zhang/Zhao Mundur, Tontowi/Liliyana Gagal ke Semifinal

By Jumat, 11 Desember 2015 | 15:57 WIB
Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir saat tampil di babak penyisihan pertama Superseries Finals 2015 melawan pasangan ganda campuran Inggris, Chris Adcock/Gabrielle Adcock di Hamdan Sports Complex, Dubai, Rabu (9/12/2015). (BADMINTON INDONESIA)

Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, gagal melangkah ke babak semifinal BWF Superseries Finals di Dubai, menyusul mundurnya Zhang Nan/Zhao Yulei (China).

Tontowi/Liliyana dijadwalkan bertemu Zhang/Zhao pada Jumat (11/12/2015). Laga ini seharusnya jadi kesempatan terakhir Tontowi/Lliliyana untuk mencari poin setelah kalah pada dua pertandingan sebelumnya di babak penyisihan grup.

"Kalau kami main sebenarnya masih ada kans (ke semifinal). Kalau mereka enggak main, semua hitungan jadi kosong. Karena kami kemarin sudah kalah dengan pasangan Hong Kong dan Inggris, jadi kami tidak masuk," kata Liliyana.

"Performa kami sedang menurun. Di Indonesian Masters kemarin kami memang juara, tetapi enggak banyak pemain luar yang turun," kata Liliyana menambahkan.

Merujuk pada peraturan BWF pada babak penyisihan grup Superseries Finals, jika ada satu pemain/pasangan yang mundur, semua hasil pertandingan melawan pemain/pasangan tersebut tidak akan dihitung.

Kemenangan Lee Chun Hei Reginald/Chau Hoi Wah atas Zhang/Zhao juga dihapus. Namun, pasangan Hong Kong tersebut masih punya satu kemenangan atas Tontowi/Liliyana.

Lee/Chau berhak melangkah ke semifinal dan akan didampingi Chris Adcock/Gabrielle Adcock (Inggris).

Adcock/Adcock sebenarnya sudah menelan satu kekalahan, saat bertemu Zhang/Zhao. Namun, hasil tersebut dihapus dan mereka kini mengantongi satu kemenangan atas Tontowi/Liliyana.

Pada laga terakhir, Lee/Chau dan Adcock/Adcock akan saling berhadapan untuk penentuan juara grup.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

BWF Superseries Finals 2015