Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Marcello Lippi Kandidat Pengganti Garcia?

By Nugyasa Laksamana - Kamis, 17 Desember 2015 | 07:26 WIB
Marcelo Lippi, saat memimpin Guangzhou Evergrande di final Piala Champions Asia menghadapi Western Sydney Wanderers di Pirtek Stadium, Sydney, Australia, pada 20 Agustus 2014. (MARK METCALFE/GETTY IMAGES)

Setelah AS Roma disingkirkan oleh klub Serie B, Spezia, dari ajang Coppa Italia, Rabu (16/12/2015) waktu setempat, muncul rumor yang menyebutkan bahwa Rudi Garcia akan dilengserkan dan digantikan oleh pelatih kawakan Italia, Marcello Lippi.

Menurut Football Italia, AS Roma masih memberikan kesempatan satu pertandingan lagi untuk Garcia, yakni laga Serie A kontra Genoa pada Minggu (20/12/2015).

Apabila pada laga tersebut AS Roma menuai hasil yang buruk, bukan tidak mungkin jabatan Garcia akan segera dicopot oleh pihak manajemen Giallorossi.

Sementara itu, menurut Vocegiallorossa.it, petinggi AS Roma sudah mulai bergerak. Mereka dikabarkan sudah menghubungi Lippi usai laga AS Roma kontra Spezia.

Kabar itu kian menguat lantaran Lippi sempat beberapa kali mengutarakan keinginannya untuk kembali terjun sebagai pelatih.

Namun, AS Roma tidak sendiri dalam memburu Lippi. Lippi dilaporkan juga erat dikaitkan dengan rival sekota mereka, yakni Lazio. Terlebih, Lippi sempat menyaksikan laga Serie A antara Lazio dan Juventus, 5 Desember 2015.

Lippi merupakan salah satu pelatih sukses Italia. Ia pernah mengantarkan Juventus meraih sejumlah titel, di antaranya lima Scudetto dan satu gelar Liga Champions. Lippi juga pernah membawa Italia juara Piala Dunia 2006 di Jerman.

Selain Lippi, AS Roma dikabarkan juga mengantongi dua nama pelatih Italia lainnya, yakni Walter Mazzarri dan Luciano Spalletti. Nama terakhir pernah menukangi AS Roma pada periode 2005-2009.