Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tekuk Udinese, Fiorentina Tempel Ketat Inter Milan

By Nugyasa Laksamana - Minggu, 6 Desember 2015 | 22:55 WIB
Dua pemain Napoli, Nikola Kalinic dan Milan Badelj (kanan), merayakan gol ke gawang Udinese pada laga lanjutan Serie A di Stadion Artemio Franchi, Minggu (6/12/2015), (Gabriele Maltinti/Getty Images)

Fiorentina berhasil memetik poin penuh setelah mengalahkan Udinese dengan kedudukan 3-0, pada laga lanjutan Serie A di Stadion Artemio Franchi, Minggu (6/12/2015) waktu setempat.

Tiga gol kemenangan Fiorentina dibukukan oleh Nikola Kalinic (26'), eksekusi penalti Josip Ilicic (62'), dan Gonzalo Rodriguez (86'). Hasil ini pun membawa Fiorentina ke posisi runner-up dengan perolehan 32 poin, terpaut satu poin dengan Inter Milan di puncak klasemen.

Bermain di hadapan pendukungnya sendiri, Fiorentina mampu mendominasi laga. Situs Whoscored mencatat, La Viola mampu menguasai laga babak pertama hingga 61,5 persen berbanding 38,5 persen milik Bologna.

Tuan rumah juga tercatat melepaskan sembilan tembakan yang tiga di antaranya tepat sasaran. Adapun Bologna hanya melakukan tiga tendangan tanpa menepati sasaran.

Akan tetapi, Fiorentina baru bisa membuka keunggulan saat pertandingan memasuki menit ke-26 melalui gol Nikola Kalinic.

Tendangan Milan Badelj dari luar kotak penalti membentur Kalinic dan mengubah arah bola. Kiper Bologna, Orestis Karnezis, terkecoh dan bola pun masuk ke gawang.

Selepas gol tersebut, Fiorentina sempat beberapa kali menciptakan peluang. Namun, hingga turun minum, kedudukan 1-0 untuk Fiorentina belum berubah.

Pada babak kedua, Udinese memasukkan pemain seniornya, Antonio Di Natale, untuk menambah daya gedor di lini depan.

Namun, alih-alih menyamakan kedudukan, Udinese justru kembali kebobolan melalui gol penalti Josip Ilicic pada menit ke-62.

[video]https://video.kompas.com/e/4648565739001_ackom_pballball[/video]