Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pahlawan Inter Itu Akan Gantung Sepatu

By Fajar Muhammad Jufri - Jumat, 11 Desember 2015 | 21:50 WIB
Diego Milito, saat memperkuat Racing Club di ajang Piala Libertadores pada 14 April 2015. (JUAN MABROMATA/AFP )

Striker Racing Club, Diego Milito (36), mengumumkan akan pensiun pada akhir musim dan mengatakan ingin menikmati enam bulan terakhir kariernya sebagai pesepak bola.

Eks striker internasional Argentina itu mengatakan akan pensiun sebagai pesebak bola profesional pada akhir Copa Libertadores 2016 bersama klub profesional pertama dalam kariernya.

Sebelumnya, Milito mengatakan akan gantung sepatu pada akhir Liga Primer Argentina. Namun, ia memutuskan untuk bermain enam bulan lagi lantaran Racing berhasil menembus Copa Libertadores setelah menaklukkan Independiente di babak play-off.

"Saya senang untuk mengatakan bahwa saya akan bermain selama enam bulan lagi di klub. Saya akan bertahan untuk bermain di Copa Libertadores" ujar Milito seperti dilansir FourFourTwo. "Tidak mudah untuk berhenti bermain sepak bola, sesuatu yang telah saya lakukan sepanjang hidup saya."

Milito menyebut timnya sedang menikmati sebuah momen yang bersejarah dengan cara positif. Ia masih yakin dapat berkontribusi untuk tim yang telah sama-sama dibentuk dan menikmati Libertadores.

"Pada Juni 2016, saya akan pensiun, apapun yang terjadi. Saat ini akan menjadi enam bulan terakhir saya sebagai pemain profesional," ujar eks bomber Inter Milan itu.

Pria yang bernama lengkap Diego Alberto Milito itu juga berbicara tentang cedera yang menghantuinya selama 12 bulan terakhir.

"Saya tidak dapat menjalani pramusim. Saya mengalami rasa sakit di lutut dan saya mengatakan lebih baik tidak mengetahui apa penyebabnya," kata adik kandung Gabriel Milito tersebut.

"Ada dua jalan keluar, melakukan operasi atau tidak melanjutkan bermain. Akan tetapi, dukungan dari banyak orang sangat berarti dan sedikit demi sedikit saya berangsur pulih," katanya lebih lanjut

Karier Milito di Eropa dimulai saat ia bergabung bersama Genoa pada 2003. Milito meraih masa keemasannya sebagai pesepak bola saat berkostum Inter Milan pada 2009-2014.

Ia membantu Inter meraih treble pada debutnya bersama Nerazzurri. Inter berhasil meraih gelar juara Serie A, Copa Italia, dan Liga Champions.

Selama lima musim membela Nerazzurri, Milito mencetak 75 gol dari 171 penampilan di semua kompetisi. Termasuk dua golnya saat inter mengalahkan Bayern Muenchen 2-0 pada final Liga Champions 2010.

Bersama tim nasional Argentina, kariernya tak terlalu bersinar dengan hanya mencatatkan 25 caps dan mencetak empat gol.

Milito telah bermain untuk Racing Club, Genoa, Real Zaragoza, dan Inter Milan. Ia mencetak total 211 gol sepanjang karier sebagai pesepak bola profesional.