Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Cannavaro: Fenomena Baru Itu Bernama Neymar

By Ade Jayadireja - Jumat, 11 Desember 2015 | 20:10 WIB
Penyerang Barcelona, Neymar, merayakan kemenangan meraih trofi Liga Champions usai menundukkan Juventus dalam laga final di Olympiastadion, Berlin, Jerman, 6 Juni 215. (LAURENCE GRIFFITHS/GETTY IMAGES)

Menurut mantan bek Real Madrid, Fabio Cannavaro, mengatakan bahwa Neymar adalah fenomena baru dalam sepak bola dunia. Ia mengaku kagum dengan bintang Barcelona itu.

Neymar menjadi satu dari tiga kandidat peraih Ballon d'Or 2015. Ia bersaing dengan rekan setimnya, Lionel Messi, dan juga Cristiano Ronaldo dari Madrid.

Keberhasilan Neymar masuk tiga besar nominasi pemain terbaik dunia tak lepas dari penampilan apiknya di sepanjang musim 2014-2015.

Torehan 39 gol dari kapten Brasil itu membantu mengantar El Barca meraih treble alias tiga gelar.

Bagi Neymar, ini menjadi kali pertama dirinya menjadi tiga finalis. Pada 2010, ia cuma menempati urutan ke-10.

Baca juga: Tato Baru Neymar Ceritakan Keberhasilan Mengejar Impian

"Messi dan Ronaldo adalah yang terbaik. Akan tetapi, sekarang fenomena baru telah lahir, yakni Neymar," tutur Cannavaro saat ditanya tentang tiga nominator peraih Ballon d'Or, seperti dilansir Marca.

"Di antara mereka bertiga, salah satunya akan memenangi Ballon d'Or untuk beberapa waktu ke depan. Mereka pemain hebat, terutama Neymar," ucap pahlawan Italia di Piala Dunia 2006 itu.

Cannavaro juga pernah merebut gelar pemain terbaik dunia. Momen manis tersebut ia rasakan pada 2006 setelah membawa Italia juara dunia.

Ia hanyalah bek ketiga setelah Franz Beckenbauer dan Matthias Sammer yang berhasil menggondol trofi tersebut.

"Kenangan itu adalah momen terbaik bagi saya. Sekarang trofi Ballon d'Or terpajang di ruang makan saya," tutur pilar Madrid periode 2006–2009 itu.

[video]https://video.kompas.com/e/4649552993001_ackom_pballball[/video]