Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Man United Tersungkur, Van Gaal Tetap Dibela Pemain

By Nugyasa Laksamana - Senin, 21 Desember 2015 | 09:56 WIB
Manajer Manchester United, masih mendapatkan pembelaan dari pemainnya. Salah satu yang membela adalah Phil Jones. (STEVE BARDENS/GETTY IMAGES)

Louis van Gaal sedang dalam tekanan karena tren minor Manchester United belakangan ini. Namun, bek Setan Merah, Phil Jones, tetap memercayai kepemimpinan Van Gaal.

Sebagian besar publik mulai mempertanyakan kapasitas Van Gaal sebagai manajer tim akibat serangkaian hasil tak memuaskan Manchester United dalam beberapa laga terakhir.

Dari enam pertandingan di Liga Champions dan Premier League, mereka meraih tiga hasil imbang dan tiga kali kekalahan, tanpa sekalipun merengkuh kemenangan.

Teranyar adalah kekalahan dari Norwich City pada ajang Premier League di Stadion Old Trafford, Sabtu (19/12/2015). Meskipun tampil di hadapan pendukung sendiri, Manchester United kalah 1-2.

[video]https://video.kompas.com/e/4668607431001_ackom_pballball[/video]

Kendati demikian, tak semua orang menyudutkan Van Gaal, salah satunya adalah Jones. Bahkan, pemain Inggris berusia 23 tahun itu menyebut Van Gaal sudah melakukan pekerjaan yang hebat di timnya.

"Manajer telah melakukan semua yang dia bisa. Dia telah melakukan pekerjaan hebat. Di ruang ganti, hal ini tak perlu dipertanyakan. Para pemain sepenuhnya fokus untuk membuktikan diri kepada manajer," ujar Jones, seperti dikutip dari PA, Minggu (20/12/2015) waktu setempat.

"Para pemain tidak bersembunyi di balik siapa pun. Kami tahu bahwa kami harus mengambil tanggung jawab. Tak ada cara lain. Manajer yang menentukan dan pemain harus menampilkan permainan terbaik," tuturnya.

Saat ini, Manchester United menempati posisi kelima klasemen sementara Premier League dengan perolehan 29 poin. Mereka terpaut sembilan poin dengan Leicester City di puncak klasemen.