Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Arsene Wenger Menyesal Tak Rekrut Petr Cech Lebih Awal

By Nugyasa Laksamana - Minggu, 20 Desember 2015 | 11:36 WIB
Penjaga gawang Arsenal, Petr Cech, tampil pada laga Premier League kontra Aston Villa di Stadion Villa Park, Minggu (13/12/2015). (Michael Regan/Getty Images)

Manajer Arsenal, Arsene Wenger, mengungkapkan bahwa kehadiran Petr Cech musim ini memberikan aura dan karisma tersendiri terhadap timnya.

The Gunners secara mengejutkan berhasil memboyong Cech dari Chelsea pada bursa transfer 2015. Ia ditransfer dengan biaya sekitar 10 juta poundsterling dan menyepakati kontrak hingga 2019.

Sejauh ini, performa Cech di bawah mistar gawang Arsenal tergolong memuaskan.

Dia mampu mencatatkan tujuh kali clean sheet, terbanyak di Premier League musim ini bersama dengan Heurelho Gomes (Watford), Jack Butland (Stoke), dan Joe Hart (Man City).

Arsenal pun kini sukses menduduki peringkat kedua klasemen sementara Premier League dengan raihan 33 poin.

[video]https://video.kompas.com/e/4661331739001_ackom_pballball[/video]

Namun, bagi Wenger, Cech telah memberikan sesuatu yang lebih dari itu kepada timnya.

"Dia membawa pengalaman, ketenangan, dan kepemimpinan mumpuni. Dia tampil bagus dan sangat fokus," ujar Wenger, jelang laga kontra Manchester City, Senin, (21/12/2015).

"Saya bukannya ingin menyudutkan David Ospina (kiper kedua Arsenal) karena tahun lalu dia luar biasa, tetapi Cech sudah melakukan segalanya. Jadi, dia memberikan aura dan karisma yang penting untuk tim dalam setiap laga," ucap Wenger menjelaskan.

Pada kesempatan itu, Wenger juga mengatakan bahwa ia punya kesempatan memboyong sang kiper ke kubu London Utara sebelum Cech berlabuh ke Chelsea pada 2004.