Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Lazio Terpuruk, Prandelli dan Giordano Terdepan Gantikan Pioli

By Verdi Hendrawan - Selasa, 8 Desember 2015 | 19:55 WIB
Cesare Prandelli saat masih menangani Galatasaray menghadapi Arsenal dalam lanjutan laga Grup D Liga Champions 2014-2015 di Emirates Stadium, London, Inggris, pada 1 Oktober 2014. (PAUL GILHAM/GETTY IMAGES)

Keterpurukan Lazio pada awal musim 2015-2016 memunculkan kabar rencana pemecatan pelatih Stefano Pioli. Pelatih berusia 50 tahun itu kabarnya akan digantikan oleh salah satu dari Cesare Prandelli dan mantan striker Lazio, Bruno Giordano.

Masa depan Pioli bersama tim berjulukan Biancocelesti itu semakin tidak menentu setelah Lazio meraih kekalahan kedelapan dalam 15 pertandingan awal setelah dikalahkan Juventus dengan skor 0-2 pada Jumat (4/12/2015). Hal tersebut membuat Lazio terdampar di posisi ke-12 dengan 19 poin.

[video]https://video.kompas.com/e/4646716505001_ackom_pballball[/video]

Baca Juga: Ravanelli: Lazio Belum Temukan Jati Diri

Hasil ini sangat mengecewakan setelah pada musim lalu Lazio berhasil finis di posisi ketiga dan lolos ke Liga Champions.

Rencana menganti pelatih pun muncul dan nama Prandelli serta Giordano menjadi yang terdepan untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

Harian La Gazzetta dello Sport menyebut Prandelli adalah pilihan tepat bagi Lazio untuk kembali bangkit. Pelatih berusia 58 tahun itu juga saat ini sedang menganggur sejak meninggalkan Galatasaray pada 2014 dan memiliki banyak pengalaman di Serie A bersama Parma, AS Roma, dan Fiorentina.

Gazzetta dello Sport juga mengatakan bahwa Giordano yang telah tampil lebih dari 200 penampilan bagi Lazio sebagai pemain juga memiliki kesempatan yang sama dengan Prandelli. Namun, pengalaman pelatih berusia 59 tahun itu hanya di level rendah Italia dari Serie D hingga Serie B.

Selain kedua pelatih itu, sebelumnya sempat tersiar kabar bahwa Marcelo Lippi juga menjadi kandidat kuat pelatih Lazio berikutnya. Sedangkan sumber-sumber lain mengatakan bahwa Cristian Brocchi yang kini menangani tim muda AC Milan juga memiliki peluang menggantikan Pioli.