Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rio Haryanto Tinggal Tunggu Verifikasi FIA

By Tulus Muliawan - Kamis, 17 Desember 2015 | 18:52 WIB
Rio Haryanto berfoto bersama Menpora Imam Nahrawi saat bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan di Jakarta, Agustus 2015. (Dok Indah Pennywati)

Jalan panjang Rio Haryanto menuju Formula 1 mulai menemukan titik terang. Setelah mendapat tawaran kontrak dari tim Manor, Rio juga menerima surat garansi dari Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia, Imam Nahrawi, pada Jumat (11/12/2015).

Manajemen Rio bergerak cepat setelah mendapat surat garansi Menpora yang berisi pernyataan bantuan pelunasan dana sebesar Rp 150 miliar sebagai modal awal untuk berlaga di F1.

Draft kontrak yang diberikan Manor juga telah ditandatangani Rio dan langsung dikirim ke Banbury, Oxfordshire, Inggris, yang menjadi markas tim Manor, pada Senin (14/12/2015).

"Sekarang kami tinggal menunggu verifikasi dari FIA (Federasi Otomotif Internasional) dan kabar dari Manor. Mungkin sekitar dua minggu," kata ibunda Rio, Indah Pennywati.

Sebelum kompetisi dimulai, setiap tim wajib mengirimkan daftar pebalapnya ke FIA untuk diverifikasi. Setelah diverifikasi dan dianggap layak, setiap tim diizinkan memakai pebalapnya.

Indah menyatakan bahwa Rio sangat senang dengan dukungan dari Menpora. Indah berharap dukungan tersebut bisa melancarkan jalan Rio untuk menggapai mimpi tampil di F1.

"Sambil menunggu kami akan terus berkomunikasi dengan pihak Menpora. Kami cukup lega karena surat dari Menpora menandakan pemerintah Indonesia siap membantu," katanya.