Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pelatih Persipura Sebut Neymar Sejajar Messi dan Ronaldo

By Verdi Hendrawan - Selasa, 15 Desember 2015 | 07:46 WIB
Pelatih Persipura Jayapura, Osvaldo Lessa, saat berada di tempat tim menginap selama babak 8 besar Piala Jenderal Sudirman, Hotel Merbabu Merapi, Yogyakarta, pada Senin (14/12/2015). (HERKA YANIS/JUARA.net)

Terpilihnya Neymar Junior sebagai satu dari tiga calon peraih gelar Ballon d'Or 2015 disambut antusiasi oleh pelatih Persipura Jayapura, Osvaldo Lessa. Pelatih yang juga berasal dari Brasil itu mengatakan bahwa saat ini Neymar sudah bisa disejajarkan dengan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Keberhasilan Neymar membantu Barcelona meraih tiga gelar utama pada musim 2014-2015 bisa dijadikan faktor utama terpilihnya bintang tim nasional Brasil itu. Bahkan pemain berusia 23 tahun tersebut menjadi salah satu penentu kemenangan Blaugrana di final Liga Champions atas Juventus.

Performa Neymar pun tetap terjaga pada musim ini. Di saat Messi sempat mengalami cedera cukup panjang, mantan pemain Santos itu berhasil menjadi andalan utama lini serang Barcelona dan mampu mencetak 14 gol dalam 13 pertandingan La Liga yang membuatnya sebagai yang tersebur di Spanyol hingga pekan ke-15.

Osvaldo mengaku tidak yakin Neymar bisa meraih gelar pemain terbaik dunia itu. Namun, ia yakin bahwa pemain kelahiran 5 Februari 1992 itu telah sejajar dengan para pesaingnya.

"Neymar sudah sejajar dengan Messi dan Ronaldo. Ia sangat luar biasa, pemain penting, dan juga profesional. Dia masih sangat muda, tetapi sangat dewasa. Dia tahu seberapa besar tanggung jawabnya," kata Osvaldo saat dijumpai di Hotel Merbabu Merapi, Senin (14/12/2015).

"Selain itu dia memiliki tim pelatih pribadi. Dia memiliki pelatih fisik, fisioterapi, dan tukang pijat yang setiap hari bekerja sama dengannya usai latihan bersama Barcelona atau timnas Brasil," ungkapnya.

"Hal ini sangat penting karena ia sudah dibayar mahal dan harus selalu siap tampil saat dibutuhkan tim. Saya juga selalu berkata kepada pemain Persipura bahwa saat berada di dalam musim kompetisi, mereka harus bertanggung jawab menjaga kondisi fisiknya," papar Osvaldo.