Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Christian Vieri: Saya ke Atletico Madrid karena Uang

By Septian Tambunan - Jumat, 20 November 2015 | 15:26 WIB
Bomber tim nasional Italia, Christian Vieri, merayakan gol yang ia cetak saat Azzurri berjumpa Ekuador dalam laga lanjutan grup G Piala Dunia di Sapporo Dome, Jepang, 3 Juni 2002. (KOJI AOKI/AFLO/GETTY IMAGES)

Mantan bomber tim nasional Italia, Christian Vieri (42), akan segera meluncurkan otobiografinya.  La Gazzetta dello Sport memberikan sedikit bocoran tentang isi kisah Vieri, di mana eks striker Inter Milan itu mengakui kalau ia pindah ke Atletico Madrid hanya karena uang.

"Suatu hari Presiden Juventus, Luciano Moggi, memanggil saya dan agen saya, Roberto Bettega, ke kantornya. Moggi mengklaim bahwa klub tidak bisa menawarkan saya lebih dari dua juta lira per musim. Sementara Atletico siap memberi 3,5 juta lira," kata Vieri seperti dilansir AS, Kamis (19/11/2015).

"Secara cepat, saya berkata 'saya akan pergi ke Spanyol' dan itu adalah akhir dari pertemuan. Saya mengakui bahwa motivasi atas perpindahan ini murni ekonomi. Jika bisa membalikkan waktu, saya akan memilih tetap tinggal di Turin," sambungnya.

Baca juga: Kejar Prestasi, Diego Simeone Selalu Menuntut Anak Asuhnya

Musim pertama Bobo, sapaan akrab Vieri, di Spanyol berjalan mulus. Ia bahkan menjadi top scorer La Liga pada musim 1997-98 dengan mencetak 24 gol dari 24 laga.

Bagaimana pun, rasa cinta Vieri kepada Negeri Pizza membuat ia ingin kembali ke tanah kelahirannya.

Ia pun berlabuh di Lazio pada awal 1998-99. Setahun bersama Biancocelesti, pemain kelahiran Bologna itu membukukan 14 gol dari 28 penampilan.

Vieri hengkang ke Giuseppe Meazza dengan banderol 48,3 juta euro (706 miliar rupiah) pada 1999. Striker kidal ini mampu menjebol jala lawan sebanyak 123 kali dalam 190 partai bersama Nerazzurri.

Di level timnas, secara total Vieri mencatatkan 49 caps dengan lesakan 23 gol.