Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kenmogne-Maitimo Antar Persija Raih Kemenangan atas PBR

By Ferril Dennys Sitorus - Kamis, 19 November 2015 | 21:34 WIB
Bek Persipasi Bandung Raya, Leonard Tupamahu, menerima kartu merah saat melawan Persija Jakarta, Kamis (19/11/2015). (SUCI RAHAYU/JUARA.net)

Persija Jakarta mengawali kiprahnya di Piala Jenderal Sudirman dengan meraih hasil memuaskan. Tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut berhasil mengalahkan Persipasi Bandung Raya (PBR) dengan skor 2-0 pada pertandingan lanjutan penyisihan Grup A di Stadion Kanjuruhan, Kamis (19/11/2015).

PBR mampu mengendalikan permainan sejak awal laga. Namun, kekuatan PBR sedikit berkurang menyusul dikartumerahkannya Leonard Tupamahu pada menit ke-21.

Leonard diusir wasit setelah melakukan pelanggaran keras terhadap Emmanuel Kenmogne yang biasa dipanggil Pacho. Tanpa Leonard, pelatih Pieter Huistra menarik Hanif untuk digantikan dengan Choirul Rifan.

Unggul jumlah pemain, pelatih Persija Bambang Nurdiansyah memainkan Dedi Hartoni dan M Ilham. Macan Kemayoran pun mampu mengendalikan permainan dan menciptakan sejumlah peluang.

Pada menit ke-32, Gunawan Dwi Cahyo dengan kepalanya berusaha meneruskan bola kepada Pacho. Sayang, Pacho gagal menjangkau bola sehingga peluang tersebut menjadi sia-sia. 

Kerja keras mereka baru membuahkan hasil pada masa injury time. Pacho mencetak gol dengan memanfaatkan umpan terukur dari Raphael Maitimo.

Gol tersebut membuat Macan Kemayoran unggul 1-0 atas PBR saat turun minum.

Selepas jeda, gelandang Persija, M Ilham, sempat mencetak gol. Namun, gol tersebut dianulir karena ada salah satu pemain Persija yang melakukan pelanggaran sebelum M Ilham melepaskan tembakan.

M Ilham kembali melancarkan ancaman pada menit ke-49. Sayang, bola hasil tembakannya masih membentur tiang.

Usaha Macan Kemayoran tak sia-sia. Maitimo membuat Persija unggul 2-0 lewat gol yang diciptakannya pada menit ke-75. Gol ini tidak terlepas dari kejelian Amarzukih yang melepaskan umpan terobosan kepada Maitimo. 

Lolos dari jebakan offside, Maitimo tinggal berhadapan dengan kiper Firmansyah. Dengan tenang, pemain naturalisasi asal Belanda tersebut menyarangkan bola ke pojok gawang.