Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Xavi: Harapan El Clasico Barca Terletak di Leo Messi

By Fajar Muhammad Jufri - Kamis, 19 November 2015 | 20:20 WIB
Lionel Messi mengerang kesakitan saat menderita cedera kontra Las Palmas pada laga La Liga, 26 September 2015. (ALEX CAPARROS/GETTY IMAGES)

JUARA.net – Legenda Barcelona, Xavi Hernandez (35), mengklaim bahwa harapan Barcelona untuk mengalahkan seteru abadinya, Real Madrid, pada laga El Clasico, di Santiago Bernabeu, Sabtu (21/11/2015), tergantung kepada Lionel Messi (28).

Messi, yang mengoleksi empat gelar Ballon d’Or, telah absen membela Blaugrana sejak September lalu akibat cedera lutut. Akan tetapi, ia diperkirakan sudah dapat kembali tepat waktu jelang El Clasico.

Xavi mengatakan bahwa Luis Enrique membutuhkan asetnya yang paling berharga, apabila ingin menang melawan kubu Rafael Benitez di Madrid.

“Saya pikir kedua tim berada di level sama jika Messi tidak bermain,” kata Xavi kepada ESPN. “Madrid juga memiliki beberapa pemain yang cedera, tetapi mereka bukanlah pemain sekaliber Messi.”

“Madrid sangat kuat musim ini, mereka sangat terorganisir dengan dua baris yang terdiri dari empat orang. Orang-orang mengatakan manajer Madrid, Rafael Benitez bermain defensif, dan tentu saja. Mereka kebobolan tujuh kali, paling sedikit dibanding tim lainnya.” tutur legenda Barca yang kini memperkuat kubu Qatar, Al Sadd.

“Akan tetapi Madrid juga mencetak 26 gol, lebih banyak dari tim lain. Merupakan hal sulit untuk meraih kemenangan di Santiago Bernabeu, sangat sangat sulit tanpanya (Messi). Meski demikian, saya pikir Barca sedang dalam momentum bagus untuk melakukan hal bagus,” ucap Xavi lebih lanjut.

Barcelona memuncaki klasemen sementara Liga Spanyol dengan torehan 22 poin dari 9 pertandingan, hasil dari tujuh kali menang, satu kali kalah, dan satu kali seri.

Sementara itu, Real Madrid di posisi ke-dua meraih 21 poin dari 9 pertandingan, mereka mencatatkan tujuh kemenangan dan dua kekalahan.