Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Cruyff: Messi dan Ronaldo Berbeda

By Septian Tambunan - Kamis, 3 Desember 2015 | 14:49 WIB
Cristiano Ronaldo (kiri) dan Lionel Messi (kanan) sedang mendengarkan pertanyaan dari media saat menjadi nominator FIFA Player of the Year 2008 di Zurich Opera House, Zurich, Switzerland, 12 Januari 2009. (JOHN GICHIGI/GETTY IMAGES)

Bintang legendaris tim nasional Belanda, Johan Cruyff, terjebak dalam sebuah wawancara dengan France Football. Topik pembahasan mengenai dua mega bintang dunia saat ini, yakni Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

"Messi adalah sosok pemain tim. Keindahan skill miliknya dapat dibayangkan dalam sebuah sepak bola yang kolektif,"  ujar Cruyff seperti dilansir Marca, Rabu (2/12/2015).

Di lain sisi, Cruyff menganggap saingan abadi Messi, yakni Cristiano Ronaldo, memiliki kemampuan yang berbeda.

"Kebebasan Ronaldo terjadi di lingkup yang lebih terbatas. Posisinya di lapangan membuat dia menjadi pemain dengan pola pikir untuk mencari cara membantu tim dalam mencetak gol," tutur pria berusia 68 tahun itu.

Baca Juga: Bertemu Messi, Petenis Ini Merasa Spesial

"Ada perbedaan dengan Messi. Ronaldo mencetak banyak gol dan juga memanfaatkan kualitas. Namun, ia tidak mengabaikan rekan tim," kata Cruyff yang sebelumnya mengungkapkan bahwa ia sedang mengidap penyakit kanker paru-paru.

Kini, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sedang menanti malam pemberian penghargaan Ballon d'Or di Kongresshaus, Zurich, Swiss, pada 11 Januari 2016.

Titel tersebut akan mengukuhkan siapa yang pantas menyandang predikat terbaik di dunia. Sejauh ini, Messi sudah mengoleksi empat gelar (2009, 2010, 2011, 2012) Ballon d'Or, sementara Ronaldo menggenggam tiga kali (2008, 2013, 2014).