Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Depay Terbebani Nomor Kostum 7 Manchester United?

By Kamis, 19 November 2015 | 07:08 WIB
Memphis Depay terbebani nomor kostum 7? (Dok. Manchester United )

Performa Memphis Depay di Manchester United masih saja mejan. Adakah hal tersebut berkaitan dengan nomor kostum 7 yang dipakainya? 

Nomor punggung 7 merupakan kostum keramat di Manchester United. Sejumlah nama tenar memakai nomor kostum tersebut, mulai dari George Best, Bryan Robson, Eric Cantona, David Beckham, hingga Cristiano Ronaldo.

Tak semua pemain bisa memakai nomor keramat itu. Antonio Valencia dan Angel Di Maria gagal menjadi ikon baru dengan nomor tersebut. Kini, beban itu berpindah ke Depay.

Akan tetapi, Beckham membantah bahwa nomor kostum 7 di Manchester United akan menghadirkan tekanan kepada pemain yang memakainya.

"Saya tak melihat (memakai nomor 7) itu sebagai sebuah intimidasi. Justru hal tersebut sebuah kebanggaan," kata Beckham seperti dilansir Goal.

Menurut Beckham, Depay tak perlu berpikir siapa pemain yang pernah memakai serta jasa-jasanya pada masa lalu.

"Itu merupakan kostum spesial. Saya tak pernah mendapatkan tekanan karena memakainya, malah justru menghadirkan inspirasi," tutur Beckham.

"Nomor 7 itu tidak pernah menjadi kostum ku, melainkan Best, Robson, dan Cantona. Satu-satunya alasan saya memakainya karena mereka," kata pemain yang sempat memakai nomor kostum 23 dan 10 di Old Trafford.

Sepanjang era Premier League, sudah ada 7 pemain memakai nomor kostum 7 Manchester United. Mereka adalah Cantona, Beckham, Ronaldo, Michael Owen, Valencia, Di Maria, dan Depay. Nomor kostum itu sempat tak bertuan pada 2013-14.