Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Keahlian Reli Valentino Rossi Terinspirasi dari Sang Ayah

By Tulus Muliawan - Rabu, 2 Desember 2015 | 18:45 WIB

Valentino Rossi kembali menjadi juara pada ajang Monza Rally 2015. Kemenangan itu membuat Rossi menyamai pencapaian yang pernah dibuat pereli top sekelas Sebastien Loeb.

Rossi menuturkan bahwa kecintaannya terhadap dunia reli terinspiprasi dari sang ayah, Graziano. Selain menjalani kesibukan di dunia balap motor, Graziano juga sempat menekuni dunia reli.

"Saya punya hasrat yang besar terhadap mobil karena waktu saya kecil, ayah saya juga bermain reli setelah berhenti balap motor," tutur pebalap asal Italia berusia 36 tahun itu.

"Hal itu membuat saya tertarik untuk ikut mencoba reli. Saya ingin menghabiskan waktu di dunia reli jika suatu saat saya berhenti dari MotoGP," ucap juara dunia sembilan kali itu.

Rossi mulai ambil bagian di kejuaraan dunia reli pada ajang Reli Inggris 2002. Empat tahun berselang, Rossi kembali tampil di ajang reli Selandia Baru dan menempati posisi ke-11.

Setelah absen pada 2007, Rossi kembali tampil pada reli Inggris 2008 dan menempati posisi finis ke-12. Pada 2006, Rossi juga sempat mencicipi sensasi mengemudikan mobil F1 milik Ferrari.

"Saya akan mencoba untuk tetap di MotoGP selama beberapa tahun ke depan dan ketika saya berhenti, pastinya saya akan balapan dengan mobil. Saya tidak tahu apakah itu reli atau yang lainnya."