Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

David Alaba Menuntut Kepastian Masa Depan

By Wieta Rachmatia - Selasa, 17 November 2015 | 20:27 WIB
David Alaba, ingin memastikan posisi dirinya di skuat utama Bayern Muenchen. (VI Images/Getty Images)

Bayern Muenchen beruntung memiliki pemain seperti David Alaba. Meski berstatus sebagai bek, pesepak bola asal Austria ini tetap mampu memberikan kontribusi maksimal saat diplot sebagai gelandang.

Alaba memulai kariernya sebagai bek kiri. Akan tetapi, ia kerap ditempatkan sebagai gelandang tengah saat membela tim nasional Austria. Musim ini, Alaba sering bermain sebagai bek tengah guna mengisi kekosongan ketika Javi Martinez, Holger Badstuber, serta Mehdi Benatia absen.

Sepanjang musim 2015-16, Alaba tampil selama 90 menit dalam 17 pertandingan di semua kompetisi musim ini. Pelatih FC Bayern, Josep Guardiola, tak segan memberikan pujian khusus terhadap aksi ciamiknya di lapangan hijau.

"David Alaba adalah dewa kami. Ia nyaris bermain hampir di semua posisi yang tersedia," ucap Guardiola seperti dilansir situs ESPNFC.

Namun Alaba ingin mendapat kepastian posisi untuk masa depan. Ia mengaku ingin mengetahui secara pasti posisi utamanya.

"Saya menyadari, saya mampu bermain di berbagai posisi. Saya adalah pemain muda yang bisa belajar dari berbagai tugas yan berbeda tersebut. Pengalaman ini tentu saja bagus bagi perkembangan kemampuan saya," kata Alaba.

"Tidak perlu dirahasiakan lagi, saya merasa paling nyaman saat beroperasi di lini tengah. Namun di masa depan, saya ingin mengetahui posisi yang bisa saya mainnya secara regular," ucap pemain berusia 23 tahun tersebut.

Alaba memulai karier di Jerman bersama skuat U-17 FC Bayern. Ia mulai dipercaya untuk merumput bersama tim senior FC Bayern mulai 2010. Hingga saat ini, Alaba sudah melakoni 191 laga dan mencetak 14 gol bersama FC Hollywood.