Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rataan Usia Skuat Chievo Paling Tua di Eropa dan Serie A di Posisi Kedua Benua Biru

By Verdi Hendrawan - Selasa, 17 November 2015 | 20:17 WIB
Para pemain Chievo Verona adalah skuat teruzur di liga-liga Eropa. (DINO PANATO/GETTY IMAGES)

Sebuah studi menunjukkan bahwa Chievo Verona adalah tim dengan rata-rata usia pemain tertua di Eropa. Sementara itu, Serie A memiliki rataan pemain paling tua kedua di antara liga-liga papan atas Benua Biru.

Sebuah lembaga statistik dari Swiss, CIES Football Observatory, mengumpulkan data dan melakukan penelitian kepada beberapa liga papan atas Eropa mengenai rataan usia pemain sepak bola.

Penelitian mereka menunjukan bahwa Chievo memiliki skuat dengan rata-rata usia paling tua di Eropa. Gialloblu memiliki rataan usia sebesar 30,6 tahun.

Albano Bizzarri, kiper berusia 38 tahun, saat ini adalah pemain tertua Chievo. Namun, kepada La Gazzetta dello Sport ia berkata "Saya merasa sangat baik secara mental dan fisik, seolah-olah saya masih berusia 20 tahun."

Baca Juga: Siapa Berani Hadapi Trio Serangan Chievo?

Jumlah tersebut hampir dua tahun lebih besar dari empat klub yang berada di posisi kedua dengan rata-rata 28,9. Mereka adalah Akhisar Belediyespor dari Turki, Rayo Vallecano (Spanyol), serta APOEL dan AEK Larnaca (Siprus).

Secara keseluruhan, Serie A memiliki rata-rata usia pemain sebesar 27,1 tahun. Jumlah tersebut adalah kedua tertinggi di Eropa setelah Liga Turki dengan rataan usia 27,3 tahun.

Posisi ketiga ditempati oleh Liga Rusia dengan rata-rata usia 27 tahun dan disusul oleh Siprus dan Inggris (26,9) di peringkat keempat.