Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Nostalgia Kisah Manis Buffon dengan Milan

By Septian Tambunan - Jumat, 20 November 2015 | 20:12 WIB
Gianluigi Buffon, saat masih memperkuat Parma, bertamu ke kandang Werder Bremen dalam pertandingan babak keempat leg kedua Piala UEFA di Weserstadion, Bremen, Jerman, 9 Maret 2000. (ALEX LIVESEY/ALLSPORT)

Kiper Juventus, Gianluigi Buffon (37), baru saja merayakan 20 tahun berkecimpung di dunia sepak bola. Buffon akan menjalani nostalgia indah pada laga kontra AC Milan, Minggu (22/11/2015) dini hari WIB, mengingat ia melakukan debut Serie A juga saat melawan Rossoneri.

Seperti diwartakan Daily Mail, kala itu penjaga gawang kelahiran Carrara, Tuscany, Italia, tersebut berhasil membuat Milan asuhan Fabio Capello, yang diperkuat Marco van Basten, Roberto Baggio, dan George Weah harus gigit jari karena gagal menjebol jalanya.

"Pertandingan paling penting bagi saya adalah saat debut 20 tahun lalu, karena itu mengantar saya ke sebuah liga besar. Memori debut saya tak terhapuskan, perasaan saya campur aduk, penuh keraguan dan juga keyakinan bahwa saya akan menjalani sebuah laga penting melawan Milan," ujar Buffon dalam sebuah wawancara dengan Mediaset dalam laman Football Italia.

Baca juga: Dari 12 Kiper Terhebat, Buffon Tunjuk Satu Terdahsyat

"Kegembiraan dan sukacita kala itu tidak pernah hilang," sambungnya.

Buffon pun masih mengenang ketika pelatih Parma edisi 1995, Nevio Scala, mengajaknya untuk melakukan debut. "Scala mengetuk pintu dan bertanya apakah saya siap untuk bermain. Saya berkata 'tentu saja, kalau tidak apa yang saya lakukan di sini?'," ucapnya.

Secara total Buffon telah mencatatkan 776 penampilan bersama Parma dan Bianconeri. Ia membela Gialloblu di 226 laga serta 551 pertandingan memperkuat Juventus.