Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Hodgson Sempat Pertimbangkan Zaha Sebelum Panggil Lingard

By Verdi Hendrawan - Rabu, 18 November 2015 | 07:01 WIB
Wilfried Zaha, sempat dipertimbangkan Roy Hodgson kembali ke timnas Inggris sebelum memilih Jesse Lingard. (NIGEL RODDINS/GETTY IMAGES)

Pelatih Roy Hodgson telah membuat keputusan memanggil Jesse Lingard ke dalam skuat tim nasional Inggris. Namun, sebelumnya Hodgson mengaku sempat memperimbangkan mantan pemain Manchester United yang kini bermain di Crystal Palace, Wilfried Zaha.

Hodgson memanggil Lingard bergabung untuk menghadapi pertandingan uji coba menghadapi Prancis di Wembley Stadium pada Selasa (17/11/2015) waktu setempat. Hal tersebut dilakukan setelah pelatih berusia 68 tahun itu kehilangan Michael Carrick dan Jamie Vardy akibat cedera.

Keputusan Hodgson memanggil Lingard itu telah mendapat kritik luas karena sang pemain baru tampil satu kali sebagai pemain utama di Premier League dan baru bermain 193 menit bersama Manchester United.

Pendukung Crystal Palace juga sangat vokal atas keputusan Hodgson memilih Lingard ketimbang Zaha yang tengah berada dalam bentuk terbaik sejauh ini.

Namun, pelatih yang pernah mengangani Inter Milan dan Liverpool itu mengakui telah mempertimbangkan Zaha untuk kembali menjadi bagian dari The Three Lions setelah terakhir kali pada Agustus 2013.

"Ya, saya  sempat mempertimbangkan Zaha. Dia adalah pemain yang memiliki jenis permainan yang sama dengan Lingard," kata Hodgson dikutip dari TEAMtalk.

"Mereka berdua adalah pemain sayap. Kami sempat mempertimbangkan dia, tetapi saya  memutuskan untuk memanggil Jesse," ungkapnya.

Selain pendukung Crystal Palace, keputusan memangil Lingard juga bertolak belakang dengan harapan Manajer United, Louis van Gaal. Manajer asal Belanda itu menyebut bahwa pemainnya itu belum teruji dan masih harus menunjukan banyak hal.