Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Karier Antonio Conte Tergantung Euro 2016

By Wieta Rachmatia - Sabtu, 14 November 2015 | 09:05 WIB
Antonio Conte, hasil Italia di Piala Eropa 2016 bakal menentukan kelanjutan kariernya. (Claudio Villa/Getty Images)

Antonio Conte terikat kontrak sebagai pelatih tim nasional Italia hingga musim panas 2016, atau tepatnya usai Piala Eropa. Namun hingga kini ia mengaku belum ada pembicaraan perpanjangan kontrak dengan pihak Federasi Sepak Bola Italia (FIGC).

Menurut Conte, kariernya di skuat Azzurri akan ditentukan oleh prestasi anak buahnya di putaran final Piala Eropa 2016 yang digelar di Prancis. Jika tim nasional Italia gagal menyuguhkan penampilan maksimal, bukan tak mungkin kontrak Conte bakal diakhiri.

"Kami akan berusaha memberikan seluruh kemampuan di Piala Eropa. Saya berharap, dengan usaha keras kami bisa mendapatkan hasil maksimal," ujar Conte seperti dikutip situs Football Italia.

"Keputusan soal karier saya tak akan mudah atau sederhana. Namun bisa dipastikan, segalanya tergantung pada hasil Piala Eropa," katanya.

Conte mulai dipercaya sebagai pelatih tim nasional Italia sejak 14 Agustus 2014. Ia mengambil alih posisi Cesare Prandelli yang mengundurkan diri usai Piala Dunia 2014.

Sebelumnya, Conte sempat menangani sejumlah klub termasuk Atalanta, Siena, dan Juventus. Pria berusia 46 tahun itu sempat membawa Juventus meraih tiga gelar juara Serie A secara berturut-turut sejak 2011-12. Selain itu, Conte juga mempersembahkan dua trofi Piala Super Italia bagi I Bianconeri.