Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pelatih Indonesia Sukses Membawa Tim Brasil ke Final

By Kukuh Wahyudi - Jumat, 13 November 2015 | 22:59 WIB
Andi Susanto (tengah), di ruang ganti pascakemenangan 3-1 di semifinal. (Bangu Atletico Clube)

Pelatih asal Indonesia, Andi Susanto, sukses membawa tim asal Brasil, Bangu Atletico Clube menembus partai puncak BTV International Football Tournament 2015 di Vietnam.

"Di tengah konflik sepak bola nasional saya bersyukur bisa menunjukkan kepada dunia internasional bahwa ada orang Indonesia yang  berprestasi. Tak tanggung-tanggung, saya membawa tim dari negara yang merupakan salah satu kiblat sepak bola, Brasil," kata Andi kepada Juara.net lewat pesan singkat.

Bangu berhasil melangkah ke final setelah mengalahkan Binh Duong FC (Vietnam) dengan skor 3-1. Di final, Bangu akan menghadapi tim Korea Selatan pada Minggu, 15 November.

Terlepas dari kinerjanya di Bangu, ia tetap berharap dunia kulit bundar di Indonesia bisa kondusif kembali.

"Harapan saya Menpora dan PSSI cepat bisa bergandeng tangan dan saling membantu demi rakyat, bangsa, dan negara," ujar pelatih yang berduet dengan Mario Request di Bangu itu.

"Marilah kita buktikan bahwa Indonesia bisa berprestasi. Dunia luar sudah maju, seharusnya kita lari dengan kecepatan tinggi agar bisa terus bersaing," ucap pelatih yang pernah berkarier di Vietnam, Filipina, Malaysia, dan arsitek Sriwijaya U-21 itu.

Andi mendapatkan akses melatih di Negeri Samba setelah mengikuti kursus kepelatihan di sana. Setelah kursus, ia mengatakan banyak orang yang mengenalnya.

Selain Andi, sebenarnya juga ada pelatih lain yang sudah dan akan berkarier di luar negeri, yaitu Ruddy Eka Priyambada (Bahrain) dan akan menyusul Rahmad Darmawan ke Malaysia.