Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kluivert Ingin Melatih Barcelona

By Nugyasa Laksamana - Rabu, 18 November 2015 | 18:50 WIB
Patrick Kluivert mendampingi Curacao pada laga uji coba kontra Suriname di Stadion Almere City, pada 20 Mei 2015. (Getty Images)

Legenda sepak bola Belanda, Patrick Kluivert, menyatakan ingin fokus menjalani karier sebagai pelatih. Ia pun berharap suatu saat nanti bisa menjadi pelatih Barcelona seperti Luis Enrique.

Kluivert sempat melakoni peran sebagai asisten pelatih tim nasional Belanda, Louis van Gaal, pada ajang Piala Dunia 2014 di Brasil. Kini, ia merupakan pelatih tim nasional Curacao, sebuah negara di Kepulauan Karibia.

Sebagai pelatih, ia memiliki target jangka panjang. Kluivert berharap pada suatu saat nanti bisa melatih di Spanyol dan dapat mengikuti jejak Luis Enrique untuk menjadi pelatih Azulgrana.

"Target saya adalah bisa melatih sebuah klub. Barcelona? Anda tidak pernah tahu, tetapi aku lebih suka memulainya dari klub yang lain," ujar Kluivert.

"Mudah-mudahan saya bisa melatih di Barcelona suatu saat nanti. Barcelona adalah dan tetap klub terbaik di dunia," tutur Kluivert.

Saat masih menjadi pemain, Kluivert pernah satu tim bersama Luis Enrique di Barcelona selama enam musim. Di Stadion Camp Nou, Kluivert hanya meraih satu gelar La Liga musim 1998-1999.