Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Secara Statistik Penampilan Bek-Bek Manchester United Bagus

By Kamis, 12 November 2015 | 23:25 WIB
Lini belakang Manchester United secara statistik sudah tampil cukup baik. (Getty Images)

Bagi beberapa pemain bintang, sepak bola Inggris berlangsung jujur dan berjalan lebih kuat serta cepat. Dampaknya, kondisi tersebut membuat sektor belakang sebuah tim kerap tertuduh sebagai kambing hitam.

Dengan permainan cepat serta menekan ala tim-tim Inggris, sektor belakang harus 100 persen fokus dan nol kesalahan. Sedikit saja kesalahan maka penjaga gawang akan menanggung akibatnya.

Menariknya, sampai pekan ke-12 kompetisi Premier League 2015/16, ternyata lini belakang Manchester United tidak tercatat sebagai sektor yang gemar dengan kesibukan. Artinya, lini belakang United dianggap bukan sebagai sektor yang gemar menyumbang kebocoran.

Indikasinya tertera saat EA Sports Player Performance Index sebagai pencatat data statistik resmi Premier League mengeluarkan daftar 10 kiper dengan penyelamatan terbanyak.

Dalam daftar tersebut tidak ada nama David de Gea dalam daftar tersebut. Absennya nama De Gea bisa diartikan bahwa pertahanan tembok belakang United telah mampu bekerja dengan baik dalam menghalau setiap serangan yang menuju ke kotak penalti. Benarkah demikian?

Dalam beberapa kesempatan, berulang kali pecinta United maupun para legenda berteriak agar formasi yang ada di sektor belakang United harus ditambah dengan memasukkan pemain bintang.

Materi yang ada sekarang, yaitu Chris Smalling, Daley Blind, Matteo Darmian, Phil Jones, Marcos Rojo, Luke Shaw, dan Paddy McNair dianggap sangat rentan untuk bertarung sepanjang musim. Tidak hanya minim sisi pengalaman, melainkan pula minim dalam jumlah.

Terbukti ketika Shaw dan Darmian cedera, pemain gelandang seperti Antonio Valencia dan Ashley Young harus rela menjadi penutup lubang. Bahkan kerap Michael Carrick mundur menjadi palang pintu meski sudah berulang kali dia mengatakan kebenciannya jika mendapatkan tugas menjadi pemain belakang.

Kiper Sibuk

Keraguan pada sektor belakang United akhirnya berkurang setelah EA Sports Player Performance Index menjawabnya melalui data statistik. Seolah lini belakang United dibela data statistik.

Dalam data tersebut secara tidak langsung memperlihatkan bahwa sektor belakang United telah bermain cukup bagus sehingga membuat De Gea tidak perlu terlalu bekerja keras dalam melakukan aksi penyelamatan.