Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Xavi Pernah Menganggap Louis van Gaal Idiot

By Senin, 16 November 2015 | 22:54 WIB
Xavi Hernandez, pernah menilai Louis van Gaal sebagai orang idiot. (Getty Images)

Xavi Hernandez membuat pengakuan mengejutkan soal mantan manajernya, Louis van Gaal. Mantan kapten Barcelona itu menilai Van Gaal adalah seorang idiot saat pertama kali bertemu di Camp Nou.

Akan tetapi, segera setelah ikut dalam sistem dan disiplin ala Van Gaal, Xavi berubah memuji dan menilai manajer yang sekarang menangani Manchester United itu sebagai perfeksionis.

Van Gaal telah diritisi oleh banyak pengamat dan suporter, termasuk Paul Scholes karena dinilai membawa gaya permainan negatif. Terlepas dari posisi United dengan selisih dua poin dari peringkat teratas tabel Premier League sementara ini, LvG juga dinilai merusak kemampuan pemain yang salah satunya adalah Wayne Rooney.

Sementara itu, Xavi, yang pernah bermain di bawah Van Gaal dalam dua kesempatan berbeda di Camp Naou, menilai tinggi pelatih yang kini berusia 64 tahun tersebut walau awalnya meragukan kemampuannya.

"Setelah dua hari latihan di bawah dia, saya berpikir, 'Siapa idiot ini?'," kata Xavi seperti dikutip ESPN.

"Setelah seminggu, saya berpikir, 'Dia benar'. Louis van Gaal akan selalu berada di hati saya."

Menurut Xavi, Van Gaal adalah seorang pria dan pelatih yang sangat baik. Dia memiliki karakter sangat kuat, tetapi tenang menghadapi tekanan di Premier League. Bahkan, Van Gaal ia nilai jauh lebih tenang daripada ketika berada di Barca atau Bayern Muenchen.

"Dia jujur, metodis, dan perfeksionis. Dia banyak menuntut, ketat, dan ingin mencapai level setinggi mungkin," kata Xavi.

Berbicara tentang kondisi Victor Valdes, Xavi mengatakan bahwa Van Gaal dan Valdes adalah dua karakter yang sama kuat, tetapi situasinya yang sulit untuk Valdes. Karena itu, Xavi berharap segera ada solusi yang sama-sama menguntungkan.