Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rossi: Kami Sedikit Khawatir

By Minggu, 8 November 2015 | 18:38 WIB
Pebalap Movistar Yamaha asal Italia, Valentino Rossi, memacu motornya pada sesi kualifikasi GP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Sabtu (7/11/2015). (MIRCO LAZZARI/GETTY IMAGES)

  GP Valencia tidak hanya akan jadi penentu siapa juara dunia MotoGP musim ini, Valentino Rossi atau Jorge Lorenzo. Seri ini juga akan jadi akhir kerja sama MotoGP dan Bridgestone.

Bridgstone mulai menyuplai ban untuk MotoGP pada 2002. Ketika itu, para pebalap masih bisa memilih ban, antara Bridgestone dan Michelin. Pada 2009, MotoGP mulai memakai satu ban, Bridgestone.

Pada 2007, Rossi yang masih memakai ban Michelin bersama Yamaha kalah bersaing dengan Casey Stoner (Ducati) yang memakai ban Bridgstone. Dia lalu memutuskan memakai ban Bridgestone pada 2008.

Dengan ban Bridgestone, Rossi menjadi juara dunia pada 2008, dan berlanjut pada tahun berikunya, yang merupakan gelar juara dunia terakhirnya.

"Kami sedikit khawatir! Pertama karena kami tahu persis Bridgestone, dan sejujurnya kami tidak tahu apa yang akan terjadi tahun depan. Bisa lebih baik, bisa lebih buruk," kata Rossi.

Rossi mengaku memiliki hubungan yang bagus dengan Bridgestone. Pebalap berjuluk "The Doctor" ini memberikan kredit untuk ban depan Bridgestone yang membuatnya bisa membalap maksimal di tikungan.

"Saya juga punya hubungan spesial dengan teknisi Bridgestone yang bekerja dengan saya. Saya sangat, sangat sedih tidak bisa bekerja dengannya lagi. Jadi, ini sangat disayangkan," kata Rossi.

Mulai 2016, MotoGP akan kembali memakai ban Michelin.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

MotoGP Valencia 2015