Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Van Gaal Bantah United Tidak Tampil Kreatif saat Kalahkan WBA

By Verdi Hendrawan - Minggu, 8 November 2015 | 01:32 WIB
Louis van Gaal (Jordan Mansfield/Getty Images)

Manajer Louis van Gaal membantah Manchester United tampil tidak kreatif saat mengalahkan West Bromwich Albion (WBA) dengan skor 2-0 di Old Trafford, Sabtu (7/11/2015).

United berhasil meraih kemenangan berkat gol indah Jesse Lingard pada menit ke-52 dan eksekusi penalti Juan Mata jelang pertandingan berakhir (menit ke-90+1'). Kemenangan tersebut diraih Iblis Merah dengan susah payah.

Pada sepanjang pertandingan, United menguasai 71 persen penguasaan bola. Wayne Rooney dkk juga berhasil melancarkan 13 kali percobaan ke gawang WBA.

Akan tetapi, dari jumlah sebanyak itu, United hanya mampu meraih tiga sepakan tepat sasaran. Hal tersebut dipercaya akibat kurangnya kreativitas lini tengah dan depan untuk membongkar pertahanan lawan.

Namun, Van Gaal tidak setuju dengan pendapat tersebut. Manajer berusia 64 tahun asal Belanda itu mengatakan bahwa United sempat kesulitan akibat penampilan WBA yang sangat bertahan.

"Semua orang yang pernah bermain sepak bola tahu bahwa saat paling sulit untuk mencetak gol adalah ketika menghadapi tim yang tampil sangat bertahan. Ruang bermain yang tersedia hanya ada di lini sayap dan kami telah mencoba untuk memanfaatkan hal tersebut," kata Van Gaal kepada BBC.

"Satu-satunya cara yang bisa Anda mainkan menghadapi tim yang sangat bertahanan dan terorganisasi dengan baik adalah dengan bersabar. Pada babak kedua West Brom terlihat kelelahan dan akhirnya peluang kami datang," ungkapnya.

Van Gaal pun memuji penampilan Lingard yang berhasil mencetak gol pertamanya bagi United pada ajang resmi. Gol pemain berusia 22 tahun itu telah mengubah permainan dan membuka peluang United memperbesar kedudukan.

"Bagaimana cara Jesse mencetak gol sangat luar biasa. Dalam sesi latihan pekan ini, ia sempat memiliki dua peluang seperti ini dan langsung melakukan tembakan," ungkap Van Gaal.

"Saya sempat mengatakan kepadanya bahwa ia perlu melakukan sentuhan terhadap bola sebelum menembak dan ia berhasil melakukanya pada hari ini," lanjutnya.

"Gol pertama telah mengubah permainan dan membuat kami memiliki lebih banyak ruang. Kemudian Anda juga dapat melihat kualitas dari Anthony Martial dan kami berhasil mencetak gol kedua berkat aksinya," sebut LvG usai laga.