Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

4-3-3 Diacak-acak, Milan dalam Ujian

By Dwi Widijatmiko - Jumat, 6 November 2015 | 16:46 WIB
Keisuke Honda, ujian berat menggantikan Giacomo Bonaventura. (Giuseppe Bellini/Getty Images)

acak”.

Performa Milan membaik sejak memakai sistem 4-3-3. Sebelas pemain pengisi pola itu mulai mapan digunakan oleh Pelatih Sinisa Mihajlovic.

Posisi kiper diisi Gianluigi Donnarumma. Dia dibentengi empat bek: Mattia Di Sciglio di kanan, Luca Antonelli di kiri, dan duet Alex-Alessio Romagnoli di tengah.

Tiga gelandang adalah Juraj Kucka, Riccardo Montolivo, serta Andrea Bertolacci. Sedangkan tiga pemain di lini depan: Alessio Cerci, Carlos Bacca, dan Giacomo Bonaventura.

Saat melawan Atalanta, sistem yang sudah solid itu kelihatannya harus dibongkar. Bonaventura sudah pasti absen karena menjalani skorsing hasil akumulasi kartu kuning. Sementara itu, kondisi Alex dan Bertolacci meragukan setelah pekan lalu cedera.

Sepanjang pekan ini, Milan berlatih dengan asumsi tidak diperkuat tiga pemain itu. Kondisi ini adalah ujian serius karena Alex, Bertolacci, dan Bonaventura sudah terbukti menjadi elemen penting yang membuat sistem 4-3-3 berjalan oke.

Tiga pemain yang dijagokan akan menjadi pengganti adalah Philippe Mexes untuk Alex, Andrea Poli untuk Bertolacci, dan Keisuke Honda untuk Bonaventura.

Tidak ada jaminan tiga pemain ini akan sebagus tiga pilar 4-3-3 yang “asli”. Honda misalnya, terakhir kali menjadi starter pada 22 September. Setelah itu dia tergusur karena penampilan yang tidak memuaskan sebagai trequartista.

Yang jelas, Milan tidak boleh gagal memuaskan publik San Siro. Pasalnya, Presiden Silvio Berlusconi dijadwalkan hadir di stadion untuk ikut menonton.