Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Daftar Klaseman dan Sistem Poin MotoGP

By Pipit Puspita Rini - Jumat, 30 Oktober 2015 | 16:31 WIB
Para pebalap MotoGP melakukan start saat balapan GP Malaysia di Sirkuit Sepang, Minggu (25/10/2015). (MOTOGP.COM)

Tepat satu pekan di depan, atau Jumat (6/11/2015), para pebalap MotoGP akan menjalani sesi latihan bebas pertama dan kedua GP Valencia di Sirkuit Ricardo Tomo.

GP Valencia merupakan kesempatan terakhir bagi para pebalap untuk meraih poin pada musim ini. Lebih lagi, ini merupakan momen penting bagi Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo dalam penentuan siapa yang akan jadi juara dunia 2015.

Rossi datang dengan keunggulan tujuh angka atas Lorenzo, tetapi dia harus memulai balapan dari posisi start paling belakang karena mengantongi minimal empat poin penalti.

Rossi mendapat tiga poin penalti karena dinilai telah menyebabkan Marquez terjatuh di tikungan 14 lap ketujuh pada balapan GP Malaysia di Sirkuit Sepang, Minggu (25/10/2015).

Sebelumnya, Rossi sudah mendapat satu poin penalti saat menjalani sesi kualifikasi GP San Marino di Sirkuit Misano. Pebalap dengan akumulasi penalti empat poin dihukum dengan melakukan start di urutan paling akhir.

Rossi harus finis minimal di urutan kedua untuk mengamankan gelar juara. Dengan tambahan 20 poin, dia akan mengoleksi 27 angka, yang tidak akan terlewati Lorenzo meskipun berhasil finis di urutan pertama.

Jika Rossi finis di luar dua besar, perhitungan poin akan jadi menarik karena kesempatan Lorenzo naik ke posisi teratas pengoleksi poin terbesar akan lebih terbuka.

Berikut ini daftar klasemen lima pebalap teratas MotoGP 2015 dan daftar poin yang bisa diraih 15 pebalap pertama yang finis balapan.

 


[img-source]JUARA.NET[/img-source]
Daftar klasemen sementara MotoGP 2015 dan daftar perolehan poin.