Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jelang El Clasico: Starter atau Tidak, Lionel Messi Tetap Berbahaya

By Rabu, 18 November 2015 | 16:39 WIB
Lionel Messi menjadi cadangan di laga Barcelona melawan Atletico Madrid pada September (Getty Images)

Lionel Messi sudah mulai berlatih lagi sejak awal pekan. Situasi ini memunculkan optimisme di kubu Blaugrana, Messi bisa bermain di el clasico melawan Real Madrid (21/11/15).

Tentu banyak faktor yang akan memengaruhi apakah Messi memang siap main atau tidak. Salah satunya keputusan pelatih Luis Enrique untuk melihat apakah pemain mungil berjuluk La Pulga itu sudah betul-betul fit.

Kalau pun ternyata Messi belum fit, Enrique masih bisa menurunkan Messi sebagai pemain pengganti di paruh kedua laga. Faktanya, bermain sebagai starter atau tidak, Messi tetap sosok yang berbahaya.

Madrid harus waspada meski Messi duduk di bangku cadangan. Sepanjang karier 492 laga membela Barcelona, Messi telah 64 kali masuk dari cadangan. Dari 64 pertandingan itu, Messi mampu mencetak total 31 gol!

Artinya, ia punya rata-rata 0,48 gol per satu pertandingan sebagai cadangan. Angka ketajaman yang mengerikan.

Kisah Messi dan bangku cadangan tak berhenti sampai situ. Gol perdana Messi di laga resmi juga terjadi ketika ia berstatus cadangan saat melawan Albacete.

Tak hanya itu, gol-gol Messi sebagai pengganti pun sudah sangat sering memberikan kemenangan. Jadi, wajar kalau pasukan Rafael Benitez tak bolehterlalu senang lebih dulu apabila Messi akhirnya memulai laga sebagai cadangan.