Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Steve Bruce Penerus Louis van Gaal di Manchester United?

By Gerry Putra - Selasa, 10 November 2015 | 11:44 WIB
Steve Bruce dirumorkan bakal menjadi penerus Louis van Gaal di Manchester United. (Jordan Mansfield/Getty Images)

Walau saat ini Manchester United masih ditangani oleh Louis van Gaal, nama manajer Hull City, Steve Bruce, disebut-sebut akan menjadi penerusnya. Bruce musim ini terhitung sukses karena mampu membawa The Tigers ke puncak Divisi Championship.

Pelatih berusia 64 tahun ini tengah memasuki musim kedua dari tiga tahun kontrak bersama kubu Old Trafford tersebut. Van Gaal juga sudah mulai memikirkan masa pensiun dari sepak bola karena ingin lebih dekat dengan keluarga, terutama sang istri.

“Normanya saya akan meninggalkan United setelah tahun depan, namun adakah hal normal dalam dunia sepak bola?” ujar Louis van Gaal kepada The Express.

“Anda tidak pernah tahu, jadi saya juga tak bisa memberikan jawaban dari pertanyaan tersebut. Akan tetapi saya sudah berjanji kepada istri saya untuk bersama di Portugal. Sangat sulit bagi saya untuk mengingkari janji itu,” ucap mantan pelatih timnas Belanda.

Hal tersebut menjadikan banyaknya rumor yang berkembang tentang siapa suksesor LvG di United. Sebelumnya nama Ryan Giggs sudah diapungkan, lalu kini muncul nama-nama manajer top seperti Josep Guardiola, Carlo Ancelotti, ataupun Diego Simeone.

Namun, The Express mengedepankan nama Steve Bruce. Kapasitasnya sebagai manajer berkebangsaan Inggris dan alumni dari skuat juara United pada awal 1990-an, membuat namanya menjadi favorit penerus LvG jika memutuskan untuk pensiun.

Akan tetapi, ada satu hal yang menjadi hambatan Bruce menuju kursi Setan Merah 1, yakni reputasi sang bos yang tak pernah melatih klub elite. Ia hanya pernah melatih tim sekelas Sheffield United, Huddersfield Town, Wigan, Crystal palace, Birmingham, dan Sunderland.

Manchester United pernah mencoba dengan manajer sekaliber serupa dengan Bruce, yakni David Moyes, dan eksperimen tersebut gagal.