Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Catatan Sejarah Sepakbola: 2 November

By Riemantono Harsojo - Senin, 2 November 2015 | 15:06 WIB
- (M. Nasir)

Berikut ini adalah beberapa momen menarik di dunia sepak bola yang terjadi pada tanggal 2 November beberapa tahun yang lalu.

2013
Pada dua tahun yang lalu, Bayern Muenchen berhasil menyamai rekor milik Hamburg SV yaitu tak terkalahkan dalam 36 pertandingan Bundesliga yang tercipta pada tahun 1983.

Bayern berhasil menyamai rekor berusia 30 tahun itu ketika mereka mendapatkan kemenangan tandang dari Hoffenheim dengan skor 2-1. Gol-gol kemenangan Bayern diciptakan oleh Mario Mandzukic dan Thomas Mueller.

Rekor tak terkalahkan Die Roten terhenti di angka 52 setelah mereka dikalahkan oleh Augsburg dengan skor tipis 1-0. Kendati demikian, rekor tersebut masih bertahan hingga sekarang karena belum ada tim lain di Bundesliga yang mampu melewatinya.

 

2008
Untuk pertama kali dalam sejarah 50 tahun berdiri Rubin Kazan, klub asal Kota Kazan itu menjuarai kompetisi tertinggi di Rusia dan sebelumnya di Uni Soviet, yakni Russian Premier League. Rubin Kazan berhasil mendapatkan gelar perdananya itu setelah mengalahkan tuan rumah Saturn Moscow dengan skor 2-1 pada 2 November 2008.
Pada Russian Premier League musim berikutnya, Rubin Kazan berhasil menjadi juara lagi. Rubin Kazan adalah tim ketiga dari luar Moskow setelah Alania Vladikavkaz dan Zenit Saint Petersburg yang berhasil menjuarai Russian Premier League, sejak kompetisi itu didirikan pada tahun 1992.


1929
Alexander Matthew Busby atau Sir Matt Busby melakukan debut sebagai pemain bersama Manchester City dalam kemenangan 3-1 atas Middlesbrough di kompetisi First Division. Pertandingan pada 2 November 1929 itu terjadi 18 bulan setelah Busby dalam usia 18 tahun menandatangani kontrak sebagai pemain City.  
Setelah pertandingan debut itu, Busby bermain 11 kali lagi di musim 1929/1930. Ia selalu bermain dengan posisi penyerang dalam dan mencetak lima gol. Busby memperkuat Manchester biru sampai tahun 1936 dengan hanya sekali mencicipi gelar juara, yakni Piala FA pada 1934. Ia pindah ke Liverpool pada tahun 1936 dan bermain di sana hingga 1941.
Tahun 1945, Busby mulai melatih Manchester United. Pria asl Skotlandia ini kemudian berhasil menjadi salah satu manajer tersukses dalam sejarah Setan Merah. Salah satu gelar yang berhasil dipersembahkannya untuk United adalah Piala Champion pada tahun 1968.

 Penulis: Anugrah Pradana