Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rossi: Saya Mungkin Tak Tampil di GP Valencia

By Selasa, 27 Oktober 2015 | 20:35 WIB
Valentino Rossi, pebalap Yamaha yang mengalami insiden di GP Sepang, Minggu (25/10). (Mirco Lazzari gp/Getty Images)

Valentino Rossi mendapatkan hukuman pengurangan tiga poin dan harus start dari posisi paling terakhir di GP Valencia, Spanyol, pada 8 November

Semua itu karena insiden yang melibatkan Rossi dan Marc Marquez di GP Malaysia, Minggu (25/10). Rossi dianggap menjadi penyebab Marquez terjatuh. Bagaimana Rossi menghadapi seri terakhir di Valencia? Bagaimana pandangan Rossi tentang Marquez? Berikut penuturan pebalap Yamaha berusia 36 tahun itu seperti dilansir La Gazzetta dello Sport.

Apa yang terjadi di trek?

Sangat jelas terlihat dari kamera di helikopter bahwa saya tak ingin membuat Marquez terjatuh. Saya hanya ingin dia menjauh dan menurunkan kecepatan karena dia melakukan tindakan tak terpuji di lintasan, yakni dia sangat dekat dengan saya.

Akhirnya, kami bersentuhan. Tangan kanan dia mengenai kaki kiri saya yang membuat kaki kiri saya tergelincir dari pasak kaki. Ketika kaki saya tergelincir dari pasak kaki, dia sudah terjatuh. Saya tak menendang dia.

Selain itu, menendang motor MotoGP tak membuat motor tersebut jatuh karena motor itu sangat berat.

Bagaimana Anda menilai kejadian ini?

Marquez mendapatkan apa yang dia mau. Dia masih berpikir bahwa saya yang menyebabkan dia gagal menjadi juara dunia musim ini setelah dia terjatuh di Argentina dan Belanda. Dia pun berusaha memberikan jalan agar (Jorge) Lorenzo bisa menjadi juara.

Kabarnya Anda tak akan tampil di GP Valencia?

Saya tak tahu, saya mungkin tak akan tampil di GP Valencia.