Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Mourinho Hobi Jadikan Wasit Kambing Hitam

By Ade Jayadireja - Selasa, 27 Oktober 2015 | 18:12 WIB
Jose Mourinho (Getty Images)

Mantan wasit Premier League, Keith Hackett, mengkritik Jose Mourinho. Ia menyebut pelatih Chelsea itu hobi menjadikan wasit sebagai kambing hitam.

Komentar Hackett mengacu pada ucapan dan protes berlebihan Mourinho pasca-laga Chelsea versus West Ham, Sabtu (24/10/2015). Dalam laga tersebut, Blues kalah 2-1.

Hackett, yang telah beberapa kali menjadi wasit dalam pertandingan yang melibatkan Chelsea, menyoroti sikap Mourinho terhadap pengadil lapangan. Ia gerah melihat The Special One kerap menyalahkan wasit atas hasil buruk Cesc Fabregas dkk.

"Dia sangat bahagia saat menggunakan wasit sebagai kambing hitam untuk penampilan buruk timnya," tutur Hackett dalam kolomnya di laman You Are The Ref.

"Selama beberapa tahun dilatih Jose Mourinho, Chelsea menjadi tim yang sulit untuk diwasiti. Tidak ada pernyataan bahwa wasit harus berada dalam performa terbaik ketika memimpin laga Chelsea," imbuh pria berumur 45 tahun itu.

Mourinho juga menyerang wasit ketika Chelsea kalah dari Southampton. Alhasil, Federasi Sepak Bola Inggris (FA) menjatuhkan denda 50.000 pound (Rp 1 miliar) kepada eks juru taktik Real Madrid itu.