Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Mali Coba Hentikan Dominasi Nigeria

By Wisnu Nova Wistowo - Jumat, 6 November 2015 | 20:40 WIB
Tim nasional Nigeria U-17 (FIFA)

Juara bertahan Piala Dunia U-17 Nigeria kembali berhasil mencapai final tahun ini. Akan tetapi, sang penantang Mali mencoba untuk menghentikan dominasi upaya Golden Eaglets mempertahankan gelar tersebut.

Nigeria merupakan negara yang paling banyak memenangi gelar Piala Dunia U-17. Dari 16 kali perhelatan ajang tersebut mereka sudah memenangi empat gelar melebihi pencapaian Brasil dengan tiga gelar.

Edisi ke-16 tahun ini Nigeria kembali berpeluang memenangi gelar kelima. Sekaligus status negara pertama yang sanggup mempertahankan gelar PD U-17.

Sebagai juara bertahan Nigeria tentu lebih diunggulkan atas sang penantang Mali. Negara yang baru kali ini sukses mencapai final memiliki modal catatan bagus selama turnamen dan cukup percaya diri sanggup menghentikan dominasi Nigeria.

Mali menjadi satu-satunya tim yang tidak terkalahkan selama perjalanan ke final di turnamen di Cile tersebut. Mereka hanya sekali menuai hasil imbang 0-0 di laga pertama babak penyisihan Grup D saat melawan tim yang mereka kalahkan 3-1 di semifinal, Belgia.

Sementara itu, Nigeria sudah mengalami satu kali kekalahan di babak penyisihan Grup A. Mereka ditaklukkan Kroasia 1-2. Nigeria bisa mencapai final setelah menjegal Meksiko di semifinal dengan skor 4-2.

Kedua negara tidak memiliki banyak catatan pertemuan sebelumnya. Terakhir keduanya bentrok terjadi di babak ketiga Piala Afrika U-17 2013.

Saat itu upaya Mali melenggang ke fase grup digagalkan Nigeria. Mali dua kali mengalami kekalahan 0-2 di babak ketiga.