Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Dari Balik Meja, Kembali ke Lapangan Hijau

By Martinus Bangun - Kamis, 5 November 2015 | 18:58 WIB
Ricardo Salampessy, tak sabar kembali merumput bersama Persipura. (Herka Yanis/BOLA)

masa kembali ke lapangan hijau. 

Juara.net - Terakhir kali pemain asal Ambon ini membela Mutiara Hitam adalah sekitar enam bulan silam. Tepatnya kala Persipura menang 1-3 dari Bengaluru (India) di fase grup Piala AFC 2015 (12 Mei).

Setelah itu, langkah Persipura mentok di babak 16 besar tanpa lebih dulu bertanding. Pasalnya, mereka terpaksa menerima hukuman dari AFC karena gagal menggelar laga kandang kontra Pahang FA (Malaysia).

Padahal kala itu, rombongan skuat Pahang sudah tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, namun tertahan pihak Imigrasi karena dokumen masuk yang tak lengkap.

Masalah tersebut bersumber dari koordinasi yang kurang mulus antara PSSI dengan BOPI selaku badan yang berhak mengeluarkan surat rekomendasi terkait laga tersebut.

"Jadi sejak itu, saya tak pernah lagi bermain di ajang resmi. Tim akhirnya dibubarkan dan saya lebih banyak menghabiskan waktu dengan bekerja di Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Jayapura," ujar Ricardo.

Terkait rencana Persipura tampil di ajang Piala Jenderal Sudirman, Ricardo menuturkan bahwa ia dan rekan-rekannya sudah antusias untuk kembali ke lapangan hijau. Selain itu, persiapan tim juga sudah mulai sejak awal pekan ini.

"Kalau soal mental bertanding saya kira tak terlalu masalah. Hanya kalau soal fisik dan kebugaran rasanya harus dibenahi karena kami sudah lama tak tampil di laga resmi," ujar Erik, sapaan akrab Ricardo.

Selama masa vakum, Ricardo mengaku rutin berlatih dengan rekan-rekan seprofesinya di Jayapura. Namun berhubung intensitas latihan tak begitu berat, ia sadar bahwa butuh persiapan lebih matang untuk terjun di turnamen resmi. 

"Biasanya hampir setiap pekan banyak pemain yang kumpul dan kami latihan sesi gim. Namun memang tak terlalu serius, hanya sekedar untuk menjaga kondisi fisik," ujar Ricardo.