Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Xabi Alonso Pensiun Bersama Juergen Klopp?

By Wieta Rachmatia - Rabu, 18 November 2015 | 19:46 WIB
Xabi Alonso, dikabarkan akan kembali ke Liverpool. (Alexander Hassenstein/Getty Images)

Kontrak Xabi Alonso dengan Bayern Muenchen akan berakhir pada musim panas 2016. Sejumlah media Jerman memprediksi, gelandang yang akan menginjak usia 34 tahun pada 25 November ini tak bakal memperbarui kontraknya bersama FC Bayern.

Menurut situs berita Bild, ada kemungkinan Alonso bakal kembali ke Liverpool. Alonso akan bergabung dengan Manajer Juergen Klopp yang notabene mengagumi permainannya sejak masih menangani Borussia Dortmund.

Rumornya, Alonso masih ingin merumput selama satu atau dua musim ini. Artinya, ia kemungkinan besar akan mengakhiri karier di Liverpool.

Alonso memulai karier bersama Real Sociedad. Sepanjang kariernya, ia pernah membela sejumlah klub mulai dari Eibar, Liverpool, dan Real Madrid sebelum bergabung dengan FC Bayern pada  Agustus 2014.

Bersama Liverpool, Alonso berhasil mencetak 19 gol dalam 210 penampilan di semua kompetisi. Ia juga sempat meraih trofi Liga Champion, Piala Super Eropa, Piala FA, plus Community Shield saat mengenakan seragam The Reds.

Musim lalu, Alonso punya peran krusial di lini tengah FC Bayern. Namun memasuki kompetisi 2015-16, pelatih Josep Guardiola mulai mempromosikan Joshua Kimmich guna mengambil alih peran Alonso.

Kimmich yang baru menginjak usia 20 tahun diprediksi bakal menjadi andalan FC Bayern dan tim nasional Jerman untuk posisi gelandang bertahan. Ia sudah beberapa kali menerima pujian dari Guardiola. "Kimmich layaknya anak saya," ucap Pep.