Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Javier Mascherano Menangi Clasico Mini di Duel Kolombia-Argentina

By Rabu, 18 November 2015 | 12:51 WIB
Javier Mascherano berduel dengan James Rodriguez pada laga Kolombia kontra Argentina di Kualifikasi Piala Dunia 2018, Selasa (17/11/2015). (LUIS ACOSTA/AFP)

Argentina memenangi pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2018 pertama mereka kala mengambil tiga poin di Kolombia pada Selasa (17/11/2015). Pada laga ini, Javier Mascherano (31), kapten Argentina, sukses meredam James Rodriguez (24), kapten Kolombia.

Tampil tanpa Lionel Messi dan Sergio Aguero, Argentina menang 1-0 berkat gol tunggal Lucas Biglia.

Media lokal, La Nacion, mengungkapkan kalau tiga poin dan clean sheet ini bisa datang setelah bek Barcelona, Javier Mascherano, meredam penyerang Real Madrid, James Rodriguez, tiga hari sebelum keduanya bersua di laga El Clasico pada Sabtu (21/11/2015).

"Mascherano, dengan kemampuannya membaca bola dan mengamankan si kulit bundar, meminimalisir pengaruh James, pemain Kolombia yang paling menonjol secara individu," tulis media Argentina tersebut.

Sementara El Mundo Deportivo menggambarkan bek tangguh tersebut sebagai "raksasa di lini pertahanan".

Berbicara kepada pers, Mascherano pun mengakui bahwa ia senang dengan performa Argentina kali ini. "Kami tahu cara memainkan possession dan kapan melancarkan serangan balik. Kami bermain cerdas, dengan atau pun tanpa bola," tutur bek Barcelona tersebut.

Pada ronde kualifikasi bulan Oktober, Tim Tango mendapat hasil kurang maksimal kala menyerah 0-2 kontra Ekuador dan hanya bermain imbang 0-0 lawan Paraguay.

Hasil positif pertama datang pada ronde November dengan Mascherano cs menahan imbang Brasil 1-1 pada 13 November.

Mascherano pun memuji semangat yang menyebabkan peruntungan tim berubah. "Hal terpenting adalah tim mulai menunjukkan karakter tepat. Kami puas dengan hasil dua laga ini karena mendapat poin dari dua rival besar," tuturnya lagi.

Hanya, satu-satunya negatif dari laga di Barranquilla tersebut adalah kartu kuning yang diterima Mascherano. Hal tersebut akan menghalanginya tampil kontra Cile pada ronde laga-laga kualifikasi bulan Maret.

Argentina untuk sementara menghuni peringkat ke-6 klasemen sementara dengan lima poin, terpaut tujuh dari pemuncak klasemen Ekuador yang mengoleksi 12 poin.