Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jamie Vardy Mengejar Rekor Van Nistelrooy

By Suryo Wahono - Senin, 26 Oktober 2015 | 22:30 WIB
Jamie Vardy, 10 gol dari 10 pertandingan musim ini. (Getty Images)

Daftar nama raja-raja gol di lima liga elite Eropa musim 2015/16 relatif masih familiar. Di Jerman ada duo Bayern Muenchen, Robert Lewandowski dan Thomas Mueller, di dua spot teratas.

Di Spanyol, muncul sosok langganan seperti Neymar, dan Cristiano Ronaldo. Di Serie A, bintang lini depan semodel Gonzalo Higuain juga meramaikan daftar raja gol di liga domestik Italia.

Inggris juga sebetulnya tak terlalu berbeda. Masih ada sosok bomber dahsyat seperti Sergio Aguero atau Alexis Sanchez. Meski begitu, nama Jamie Vardy justru lebih mencuat. Striker milik Leicester City tersebut sudah mengemas 10 gol dari 10 pertandingan di EPL 2015/16!

Sampai Sabtu (24/10), penyerang berusia 28 tahun itu masih berstatus raja gol EPL. Ia unggul empat gol atas Aguero, sang top scorer EPL musim lalu dengan total 26 golnya.

Terakhir, Vardy bikin satu gol ke gawang Crystal Palace (24/10). Gol tunggal itu bisa membantu Leicester menang tipis 1-0. Hebatnya lagi, itu adalah gol kesembilan Vardy dalam tujuh laga beruntun di EPL!

Ia bikin satu gol ke gawang Bournemouth, Aston Villa, Stoke, Norwich, dan Palace. Vardy juga bikin dua gol ke gawang Southampton serta Arsenal.

Kini, namanya masuk buku sejarah EPL. Ia menjadi orang kedelapan yang mampu bikin gol di tujuh partai EPL secara beruntun! Nama Vardy pun sejajar dengan para bomber papan atas EPL masa silam seperti Alan Shearer hingga Thierry Henry.

Vardy pastinya tak mau berhenti. Jika bisa terus tajam, rekor mantan striker Manchester United, Ruud van Nistlerooy, dalam ancaman. Nistelrooy adalah satu-satunya pemain yang mampu mencetak gol dalam 10 laga beruntun EPL. Ia melakukannya pada Maret-Agustus 2003, yang artinya berlangsung dalam dua musim.

Kalau Vardy ingin bisa menyamai rekor itu, ia harus bisa bikin gol di tiga partai berikut Leicester, yang relatif tak sulit: vs West Brom, vs Watford, dan vs Newcastle.

“Pencapaian hebat buat Vardy, buat kami semua, dan juga buat suporter,” ungkap pelatih Leicester, Claudio Ranieri, di situs klub. (sofa)