Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Enrique Ungkap Pemimpin Tim Barcelona Sesungguhnya

By Aloysius Gonsaga - Selasa, 20 Oktober 2015 | 16:38 WIB
Kapten Argentina, Lionel Messi (kiri), dan kapten Brasil, Neymar (kanan), menjadi pemimpin rekan-rekannya dalam kesuksesan Barcelona (Getty Images)

Pelatih Barcelona, Luis Enrique, menemui sejumlah media di Minsk, Belarus, sebelum tim besutannya bertandang ke markas BATE Borisov pada Rabu (21/10/2015) dini hari WIB untuk melakoni matchday ketiga Liga Champions. Salah satu pertanyaan utama dalam konferensi pers itu adalah seberapa kuat Barca mampu berjuang tanpa kehadiran Lionel Messi? Dan siapakah sosok pemimpin Los Cules sesungguhnya?

"Kami selalu berusaha untuk bermain sebagai tim. Kami memiliki banyak pemain dengan kemampuan individu hebat dan itulah yang menjadi ciri khas tim," ujar Enrique dalam laman AS.

"Siapa pun bisa pergi mencari pemimpin yang mereka suka, tetapi kami memilikinya, Leo Messi. Di samping itu, semua pemain harus mengambil bagian masing-masing untuk bermain membantu tim dan itu tujuan kami. Ini bukan tentang mencari satu pemain yang bisa mengambil peran pemimpin kami," tambahnya.

"Kami tidak mengharapkan pertandingan berjalan mudah. Kami mengharapkan yang sangat sulit dan melalui permainan kami sendiri. Kami akan mencoba membuat banyak peluang mencetak gol sehingga kami memiliki kesempatan untuk pulang dengan membawa sesuatu," sambung eks juru taktik AS Roma itu.

"Saat ini kami adalah pemimpin dalam grup kami, tetapi hanya unggul satu poin dari BATE dan Bayer Leverkusen, jadi kami tidak mengharapkan apa-apa untuk menjadi mudah. BATE akan tampil tanpa strikernya, (Vitali) Rodionov, yang merupakan andalan mereka dan biasanya mampu membukukan banyak gol. Itu kerugian yang cukup signifikan bagi mereka, tetapi saya yakin gelora bermain melawan juara bertahan akan menebus masalah cedera yang sedang mereka alami," ujar entrenador berusia 45 tahun itu.

Dalam laga pamungkas Blaugrana tanpa kehadiran Messi pada Minggu (18/10/2015), Neymar sukses memborong empat gol untuk membawa Barca menghancurkan Rayo Vallecano 5-2. Hal ini sempat membuat banyak pihak meyakini kapten Brasil itu adalah leader baru di tim kebanggaan kota Catalan. Namun, kualitas Neymar masih harus diuji dan partai ketiga Liga Champions akan menjadi ajang selanjutnya.