Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Lorenzo: Saya Sangat Kecewa...

By Tulus Muliawan - Sabtu, 24 Oktober 2015 | 18:47 WIB
Pebalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, menyaksikan penampilan para pebalap lainnya dari paddock Yamaha pada sesi kualifikasi MotoGP Malaysia, Sabtu (24/10/2015). (MOHD RASFAN/AFP)

Dominasi yang dibuat Jorge Lorenzo pada sesi latihan bebas kedua dan ketiga tak mampu berlanjut pada latihan keempat. Pebalap Movistar Yamaha asal Spanyol itu juga tak mampu menampilkan performa terbaik pada babak kualifikasi, Sabtu (24/10/2015).

Penurunan performa Lorenzo dipengaruhi oleh masalah teknis yang terjadi pada motornya. Kendala utama pada motor Lorenzo terjadi pada disc brake atau piringan cakram pada ban depan motornya.

Kendala itu membuat Lorenzo kesulitan melakukan pengereman. Padahal, Sirkuit Sepang memiliki sejumlah tikungan lambat yang mengharuskan para pebalap menarik tuas rem dengan keras. Lorenzo akan mengawali balapan dari posisi keempat.

"Saya sangat kecewa karena masalah pengereman dan kondisi motor saya hari ini sangat berbeda dengan kemarin dan tadi pagi. Hal semacam ini sering terjadi dan sekarang kami berusaha menemukan solusi untuk besok," kata Lorenzo.

"Sejujurnya motor saya hari ini tidak cukup bagus pada FP4 atau kualifikasi. Kami masih belum tahu apa yang terjadi pada pengereman dan traksi. Masalah pada disc brake memakan banyak waktu saya," ujar pebalap Spanyol itu.

Lorenzo menyatakan bahwa penampilannya pada sesi latihan ketiga cukup memuaskan. Ia mampu bersaing ketat dengan Marc Marquez dan Dani Pedrosa dalam mencatatkan putaran tercepat.

Melihat hasil yang ia buat pada sesi sebelumnya, Lorenzo yakin bisa kembali bersaing dengan Marquez dan Pedrosa di posisi terdepan pada balapan GP Malaysia yang berlangsung Minggu (25/10/2015).

"Saya rasa pada latihan pagi saya punya kecepatan yang lebih baik tetapi Marc cukup dekat. Dani juga begitu, tetapi dengan temperatur yang semakin panas pada sore hari kemarin dan hari ini dia sangat kuat," ucap Lorenzo.

"Mari kita lihat bagaimana cuaca besok. Dani akan sangat kuat, begitu juga dengan Marc. Saya yakin bisa bersaing dengan mereka pada balapan besok," kata juara dunia MotoGP 2010 dan 2012 itu.

"Saya tidak harus memenangi balapan ini. Saya hanya butuh finis di depan Valentino. Tentu saja jika saya bisa memenangi balapan atau finis kedua itu akan lebih baik. Saya siap mengambil risiko dan mari kita lihat apa yang akan terjadi."