Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Xavi: Van Gaal Terlihat Lebih Tenang di Manchester United

By Verdi Hendrawan - Senin, 16 November 2015 | 16:52 WIB
Louis van Gaal, sempat disebut idiot oleh Xavi Hernandez. (DEAN MOUHTAROPOULOS/GETTY IMAGES)

Xavi Hernandez mengatakan bahwa Louis van Gaal terlihat lebih tenang sebagai manajer Manchester United ketimbang saat masih menangani Barcelona. Hal ini disebut oleh gelandang berusia 35 tahun itu karena tekanan yang ada di Premier League tidak lebih besar dibanding La Liga.

Van Gaal telah berada di musim keduanya bersama United. Luar biasanya, manajer berusia 64 tahun itu telah menghabiskan dana transfer sebesar 250 juta pound selama menangani pemilik gelar liga terbanyak di Inggris itu.

Namun, penampilan klub masih belum sesuai dengan harapan manajer asal Belanda itu sehingga ia mendapat banyak kritik dari berbagai pihak. Menanggapi hal tersebut, Xavi yang pernah ditangani oleh Van Gaal di Barcelona memberikan pembelaan untuk mantan bosnya itu.

"Dia adalah orang baik dan pelatih luar biasa. Van Gaal memiliki karakter sangat kuat, tetapi dia terlihat tenang di Premier League karena hanya ada sedikit tekanan. Hal ini berbeda saat ia masih berada di Barca atau Bayern Muenchen," kata Xavi kepada ESPN.

"Van Gaal adalah orang jujur, metodis, dan perfeksionis yang sesungguhnya. Dia pelatih yang sangat menuntut, ketat, dan selalu ingin mencapai tingkat tertinggi," sebut Xavi.

Xavi juga menambahkan bahwa dirinya tetap menjadi penggemar Van Gaal sebagai sosok brilian walau sempat berpikir sebaliknya pada usia muda.

"Setelah dua hari menjalani sesi latihan bersama dia, saya sempat berpikir 'siapa orang idiot ini?' Setelah sepekan saya baru menyadari bahwa dia benar. Louis van Gaal akan selalu berada di hati saya," ungkap Xavi.