Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

7 Fakta Menarik Tentang Raul Gonzalez Blanco

By Senin, 16 November 2015 | 16:18 WIB
Raul Gonzalez merayakan gol di laga Piala Raja pada Januari 2004. (JAVIER SORIANO/AFP)

Dunia sepak bola mengucapkan selamat tinggal kepada legenda Spanyol, Raul Gonzalez (38), yang memutuskan pensiun dari karier bermain awal pekan ini. 

Kontribusi terakhir sang pemain yang lekat dengan nomor punggung 7 ini adalah membawa klub legendaris Amerika Serikat, New York Cosmos, juara North America Soccer League (NASL).

Karier 21 tahunnya mengilap dan ia menjadi salah satu dari hanya beberapa pemain yang layak menyandang status "Pangeran Bernabeu". Berikut adalah tujuh fakta menarik tentang pria bernama lengkap Raul Gonzalez Blanco tersebut.

1. Raul masih menjadi pemain Spanyol yang mencetak gol terbanyak di liga-liga Eropa

Ia membukukan 256 gol selama 16 tahun berkarier di Real Madrid dan dua tahun di Schalke 04. Selama rentang waktu tersebut, ia mencatatkan 228 gol di La Liga dan 28 di Bundesliga. 

2. Sang pangeran memulai kariernya di belahan merah Madrid

Raul dipinang Atletico sejak kecil dan memenangkan gelar nasional Spanyol bersama tim Cadete Atletico Madrid. Ia baru pindah ke Real Madrid setelah Atletico menutup akademi mereka sebagai bagian dari pengetatan bujet klub. "Saat itu Raul adalah pendukung Atleti, seperti ayahnya," ujar Renato de Lacour, pelatih Raul di San Cristobal, daerah kelahirannya.

3. Alumnus Piala Dunia U-20 1995, turnamen yang juga dihiasi oleh talenta Hidetoshi Nakata dan Mark Viduka

Sebagai salah satu pemain termuda di tim, Raul turut membawa Spanyol hingga semifinal Piala Dunia U-20 1995. Beberapa pemain Asia yang akan meroket namanya di liga Eropa juga turun dalam turnamen tersebut: Mark Viduka (Australia) dan Hidetoshi Nakata (Jepang).

4. Raul mandul pada debutnya bersama Madrid