Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bertrand Sadar Posisinya di Timnas Inggris Tidak Aman

By Verdi Hendrawan - Senin, 16 November 2015 | 14:18 WIB
Ryan Bertrand (kanan), posisinya di tim utama Inggris belum aman. (MIKE HEWITT/GETTY IMAGES)

Ryan Bertrand mengaku sadar bahwa posisi utama di tim nasional Inggris yang saat ini ia miliki masih belum aman. Masih banyak hal yang perlu terus dilakukan oleh bek Southampton itu jika ingin bisa berlaga di Piala Eropa 2016 nanti.

Penampilan Bertrand terus menanjak sejak bermain bersama Southampton pada 2014-15. Pemain berusia 26 tahun itu bahkan rela meninggalkan Chelsea yang telah membesarkan dirinya menjadi pemain sepak bola demi mendapat kesempatan bermain yang cukup.

Bahkan Bertrand kini telah berhasil melangkahi Leighton Baines, Kieran Gibbs, dan Danny Rose untuk menempati posisi sebagai bek kiri di timnas Inggris. Dalam dua dari tiga laga terakhir The Three Lions, Bertrand berhasil menjadi pilihan utama.

Satu-satunya pemain yang bisa merebut tempatnya adalah Luke Shaw. Tetapi, saat ini bek Manchester United itu tengah cedera parah dan diragukan bisa fit saat Piala Eropa digelar di Prancis pada musim panas 2016.

Meski demikian, Bertrand merasa yakin bahwa semua hal yang tidak sesuai dengan keinginannya masih bisa terjadi. Pemilik enam caps bersama Tim Tiga Singa itu masih harus terus menunjukan kemampuanya kepada pelatih Roy Hodgson untuk mempertahankan posisinya.

"Semua hal masih mungkin terjadi. Saya hanya ingin terus melanjutkan semuanya dan berkonsentrasi pada setiap pertandingan, bahkan di laga persahabatan," kata Bertrand kepada Sky Sports.

"Kami masih memiliki pertandingan uji coba besar pada Selasa dan juga beberapa laga persahabatan setelahnya. Sangat penting kami bisa tetap konsisten sebagai sebuah tim dan juga pada penampilan saya," ungkapnya.

"Sangat jelas bahwa segala hal masih bisa terjadi dan Anda tidak akan mendapat jaminan apapun. Saya masih harus terus bekerja keras karena tidak ada jaminan yang telah diberikan," lanjut Bertrand.