Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Dokter Larang Cech Bermain Tanpa Helm Pelindung

By Gerry Putra - Senin, 16 November 2015 | 13:20 WIB
Petr Cech, pemegang rekor tak kebobolan terbanyak di Premier League. (Dean Mouhtaropoulos/Getty Images)

Penjaga gawang Arsenal, Petr Cech (33), mengaku sudah ingin melepas helm pelindung yang sudah dipakainya sejak tahun 2007.  Namun, keinginan Cech itu tidak disetujui oleh dokter tim.

“Saya lebih percaya diri jika melepas helm pelindung ini. Anda suka atau tidak, helm ini jelas mengganggu saya melihat situasi di sekitar,” jelas Cech tentang helm pelindungnya itu kepada Daily Mirror.

Mantan penjaga gawang Chelsea ini sebenarnya sudah tak ingin mengenakan helm pelindung, akan tetapi dokter menentang keinginan Cech. Penjaga gawang asal Republik Ceska itu mengaku terganggu pendengarannya jika memakai helm tersebut.

“Telinga Anda tertutup dan hal ini membuat pendengaran saya terganggu. Namun, dokter melarang saya untuk melepas helm,” lanjutnya.

Cech identik dengan helm pelindung sejak dirnya mengalami insiden pada Oktober 2006 silam. Saat itu, kepala Cech berbenturan hebat dengan lutut pemain Reading, Stephen Hunt. Benturan itu membuat luka dalam di bagian kepala dan sejak 2007 Cech harus menggunakan helm pelindung.

Helm tersebut tak memengaruhi performa Cech di lapangan. Penjaga gawang jangkung itu terbukti mampu mempersembahkan dua gelar Premier League, empat Piala FA, satu Piala Liga dan satu gelar Liga Champiosn untuk Chelsea.