Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Andros Townsend Dikeluarkan dari Skuat Tottenham Hotspur

By Suryo Wahono - Kamis, 5 November 2015 | 22:25 WIB
Andros Townsend, dianggap memberi reaksi berlebihan dengan berkonfrontasi dengan pelatih kebugaran Spurs. (Getty Images)

Andros Townsend akhirnya dikeluarkan dari skuat inti Tottenham Hotspur oleh Mauricio Pochettino dan didenda. Gelandang sayap tersebut terlibat konfrontasi dengan pelatih kebugaran Nathan Gardiner.

Sejak kejadian itu Townsend berlatih secara terpisah dan tidak akan masuk skuat Europa League melawan Anderlecht. Dia juga kemungkinan besar masih belum akan diturunkan melawan Arsenal akhir pekan ini. Bahkan, masa depannya di White Hart Lane bisa terancam.

Townsend belakangan menunjukkan rasa frustrasi karena jarang dimainkan musim ini. Dia baru bermain dalam tiga pertandingan. Dia sama sekali tidak diturunkan pada pertandingan melawan Aston Villa awal pekan ini dan ketika itulah Townsend berkelahi dengan Gardiner.

“Di mana ada aksi, ada konsekwensi,” kata Pochettino terkait sanksi yang dia berikan.

“Bila bertindak dengan cara yang salah, Anda selalu akan membayarnya. Disiplin buat saya adalah sangat penting. Kami punya skuat muda dan pemain (terkadang) melakukan kesalahan, tetapi ketika melampaui batas, adalah penting untuk menghentikan hal itu. Saya orang yang bersahabat, tetapi disiplin sangat penting," kata manajer Spurs itu menjelaskan.

Pochettino juga mengungkap bahwa Townsend telah meminta maaf, tetapi hal itu dinilai belum cukup untuk mengembalikan dirinya ke dalam skuat.

“Dia menyadari telah berbuat salah. Anda harus membayar (konsekwensi) sebelum waktunya kembali lagi berlatih bersama tim.”

Pochettino bisa memahami rasa frustrasi Townsend, tetapi reaksi yang ditunjukkan pemain berumur 24 tahun itu dinilai berlebihan. "Dia perlu belajar tentang sepak bola, tentang perilaku, tentang disiplin, tentang banyak hal."

Pochettino mengatakan bahwa sepak bola tidak hanya soal membawa dan bermain. Seorang pemain harus memiliki rasa tanggung jawab sebagai seorang profesional. Akan tetapi, bila Townsend tak juga mendapat kesempatan bermain yang cukup, sangat mungkin bahwa gelandang Timnas Inggris itu ingin dilepas pada bursa Januari mendatang.