Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Catatan Sejarah Sepakbola: 6 November

By Riemantono Harsojo - Jumat, 6 November 2015 | 08:00 WIB

Tanggal 6 November sepertinya menjadi waktu bagus buat klub-klub untuk menunjuk pelatih baru. Sepanjang sejarah, setidaknya ada dua pelatih top yang ditunjuk membesut klub pada tanggal itu dengan hasil sangat memuaskan. Berikut ini adalah beberapa momen menarik di dunia sepak bola yang terjadi pada tanggal 6 November.


()

catatan sejarah

2001

Carlo Ancelotti ditunjuk sebagai pelatih baru AC Milan pada 6 November 2001. Ia menggantikan Fatih Terim yang dipecat setelah serangkaian hasil jelek I Rossoneri.

Pada musim pertamanya, Ancelotti berhasil membawa Setan Merah kembali ke Liga Champions. Namun pada musim keduanya, Carletto mendapat kritikan keras dari presiden klub, Silvio Berlusconi, terkait permainan defensif yang diterapkannya di Milan. Meski demikian, pada akhir musim 2002/03, Milan menjuarai Liga Champions setelah mengalahkan Juventus di final melalui adu penalti.

Tahun 2009 menjadi akhir perjalanan Ancelotti bersama Milan. Selama delapan tahun membesut tim yang bermarkas di San Siro ini, mantan pelatih Parma dan Juventus ini mempersembahkan delapan trofi juara. Ia menjadi pelatih kedua Milan yang berhasil membawa klub menjuarai Liga Champions sebanyak dua kali setelah Arrigo Sacchi.

1986

Sir Alex Ferguson resmi ditunjuk sebagai pelatih baru Manchester United pada 6 November 1986. Mantan pelatih St Mirren dan Aberdeen itu menggantikan Ron Atkinson, yang dipecat.

Awal perjalanan Ferguson menangani United tidaklah mulus. Pada laga pertama sebagai pelatih Setan Merah pada 8 November 1986, Ferguson menyaksikan timnya kalah 2-0 di kandang Oxford United. Selain itu, pada akhir musim itu United hanya berada di peringkat 11 klasemen akhir. Bahkan dirinya juga sempat dipertimbangkan untuk dipecat menyusul performa United yang tidak konsisten.

Sir Alex Ferguson pensiun dari dunia kepelatihan pada 2013. Selama 27 tahun menukangi United, pria asal Skotlandia ini sudah memberikan 38 trofi ajang resmi untuk Setan Merah.