Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Krisis Pencetak Gol Melanda Real Madrid di 2015-16

By Weshley Hutagalung - Jumat, 16 Oktober 2015 | 06:44 WIB
Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema, masih menjadi tumpuan gol Real Madrid di musim ini. (Helios de la Rubia/Real Madrid)

Real Madrid mencatat start lebih baik dari musim lalu. Namun, tetap saja terdapat hal-hal yang perlu digarisbawahi dari permainan mereka, salah satunya adalah peningkatan ketergantungan tim terhadap dua penyerang, yakni Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema.

Sebagai pemain depan, Ronaldo dan Benzema memang memiliki tanggung jawab paling besar dalam urusan membobol gawang lawan. Terbukti, keduanya selalu nangkring di urutan teratas daftar pemain tertajam Madrid selama lima musim beruntun.

Di era Benitez, Madrid kian bergantung kepada aksi-aksi Ronaldo dan Benzema. Angka persentase pun cenderung meningkat tajam ketimbang musim-musim sebelumnya dengan periode serupa. (Baca juga: Gawat, Madrid Semakin Kecanduan Ronaldo-Benzema!)

Persoalan ketergantungan yang terlampau besar terhadap Ronaldo dan Benzema belakangan ini seharusnya tidak perlu terjadi andaikan Benitez sanggup memaksimalkan pemain lain sebagai sumber gol alternatif, entah dari penghuni lini tengah ataupun striker pelapis.

Selain Ronaldo dan Benzema, pemain lain yang menempati daftar pencetak gol Madrid musim ini hanya Gareth Bale (2) dan James Rodriguez (2). Fakta tersebut kalah variatif jika dibandingkan dengan statistik di 2014-15.

Saat itu, daftar pencetak gol Real Madrid hingga pekan pertama Oktober mencapai tujuh pemain. Salah satunya bahkan berstatus striker pelapis, yakni Javier ‘Chicharito’ Hernandez, yang kini memperkuat Bayer Leverkusen.

Benitez barangkali perlu menerapkan sesi latihan khusus kepada pemain cadangan seperti Mateo Kovacic, Lucas Vazquez, Denis Cheryshev, dan Jese Rodriguez agar mereka dapat memecah kebuntuan sewaktu diberi kepercayaan buat menggantikan personel reguler.