Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pengakuan Arsene Wenger Soal Pelit Belanja di Arsenal

By Fajar Muhammad Jufri - Selasa, 10 November 2015 | 20:13 WIB
Arsene Wenger, kerap menuai kritikan di bursa transfer pemain. (Shaun Botterill/GETTY IMAGES)

LONDON, JUARA.net – Manajer Arsenal, Arsene Wenger, telah mengungkapkan bahwa dirinya enggan menghabiskan dana besar untuk belanja pemain. Hasratnya adalah memastikan The Gunners meraih kesuksesan jangka panjang ketika ia sudah tidak berada di klub London Utara tersebut.

Hampir setiap musim, Arsene Wenger menuai banyak kritikan lantaran klubnya dianggap kurang aktif di bursa transfer dibanding rival mereka dalam beberapa tahun terakhir.

Kendati demkian, Wenger sempat menghabiskan dana besar dalam beberapa musim terakhir untuk mendaratkan Mesut Oezil seharga 42,5 juta pounds dari Real Madrid, dan 35 juta pounds untuk Alexis Sanchez.

Baru-baru ini, Wenger kembali "diserang" karena hanya mendatangkan Petr Cech dari Chelsea dengan banderol 11 juta pounds.

Manajer yang telah menukangi Arsenal selama dua dekade itu mengakui bahwa ia memilih berhemat mempertahankan kas timnya demi memastikan Arsenal mampu bersaing di papan atas Premier League apabila suatu saat ia meninggalkan klub.

“Saya selalu memperlakukan seolah-olah Arsenal adalah milik saya. Terkadang, kritik datang karena hal itu, karena saya tidak mengeluarkan dana besar, kurang bebas, dan bertanggung jawab,” kata Wenger seperti dikutip Mirror.

“Saya mengambil keputusan itu karena berani menerapkan ide baru dan berjuang untuk Arsenal. Saya dapat mengerti alasan mengapa banyak yang tidak setuju,” ucapnya lagi.

Menurut Wenger, kebanggaan terbesar bagi dirinya adalah ketika tiba saatnya pergi, ia meninggalkan sebuah tim yang bagus dengan situasi sehat, serta mampu bersaing di masa depan.

“Bisa saja saya hanya di sini selama empat atau lima tahun, lalu kami memenangkan segalanya, dan saya meninggalkan klub di ambang kebangkrutan. Bagi saya, konsistensi di tingkat tertinggi adalah tanda sebuah klub besar yang sejati,” tutur pelatih berjulukan The Professor itu.

Arsenal saat ini berada di posisi kedua klasemen Liga Inggris dengan 26 poin, hanya berbeda selisih gol dengan sang pemuncak klasemen, Manchester City, yang juga mengoleksi 26 poin.